Hati-hati! Banyak Ulasan Produk Palsu di Amazon

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 16 Feb 2021 09:06 WIB
Logo Amazon (AFP Photo)
Foto: Logo Amazon (AFP Photo)
Jakarta -

Para konsumen diimbau lebih hati-hati dalam membeli produk online. Sebab, perusahaan besar seperti Amazon saja masih terdapat produk yang diulas secara palsu agar laku.

Amazon menemukan 10 situs web yang menjual atau menawarkan jasa ulasan atau review palsu dengan harga mulai dari £5. Ulasan yang diberikan pun nanti hasilnya positif dengan imbalan pembayaran atau produk gratis.

Ini menunjukkan bahwa perusahaan menghadapi perjuangan berat melawan industri ulasan palsu yang tersebar luas.

"Kami menghapus ulasan palsu dan mengambil tindakan terhadap siapapun yang terlibat," kata seorang juru bicara Amazon dikutip dari BBC, Selasa (16/2/2021).

Amazon menilai tidak menutup kemungkinan bahwa pengecer lain menjual barangnya melalui situs resmi Amazon. Ulasan palsu ini bertujuan agar barang yang dijualnya mudah dibeli.

Harga jasa ini ditaksir sekitar £ 15 untuk individual atau perorangan, sedangkan paket massal mulai dari £ 620 untuk 50 ulasan. Ada juga yang dibanderol hingga £ 8000 untuk 1.000 ulasan.

Amazon menyebut dari lima bisnis yang dilihatnya, terdapat lebih dari 702.000 reviewer. Para reviewer ini menerima bayaran lebih dari £ 10, serta produk gratis atau diskon. Bahkan bisa mendapat produk-produk premium mulai dari mainan anak hingga peralatan olahraga.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2