Geser Proyeksi Ekonomi, Sri Mulyani: Kita Optimis di Sekitar 5%

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 16 Feb 2021 16:28 WIB
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku dirinya sempat mengubah prediksi pertumbuhan ekonomi tahun 2021. Namun, dia menegaskan prediksinya bahwa ekonomi tetap tumbuh 5%.

Sebelumnya saat memberikan materi di acara rapat pimpinan TNI dan Polri dia menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada di 4,3-5,3%. Padahal di dalam APBN, ekonomi ditargetkan tumbuh di level 4,5-5,5%.

"Saya klarifikasi begini, kemarin waktu ada presentasi di pimpinan TNI dan Polri saya sebutkan 4,3-5,3%, tapi di APBN selama ini masih di 4,5-5,5%. Range ini menggambarkan kita optimis di sekitar 5% dari 2021," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/2/2021).

"Sekarang range-nya mungkin agak bergeser, tapi poin estimated kita 5%," ujarnya.

Sri Mulyani meyakini ekonomi Indonesia akan tumbuh tahun ini. Dia mengatakan hal itu akan tercermin pada indikator ekonomi di kuartal I-2021.

Dia mengatakan saat ini ekonomi mulai berjalan dengan akselerasi yang cepat. Bisa saja di kuartal I-2021 ekonomi akan kembali positif.

"Kita akan lihat di kuartal I, indikator dari berbagai ekonomi meski ada PSBB, terjadi pemulihan yang akselerasinya terlihat nyata. Ini yang diupayakan di Februari dan Maret supaya Q1 ada momentum pemulihan, baik Q-to-Q maupun Y-o-Y," kata Sri Mulyani.

(hal/ara)