1,3 Juta Pedagang Divaksinasi, Sisanya Bagaimana?

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 17 Feb 2021 16:13 WIB
Petugas menyuntikan vaksin COVID-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah memastikan seluruh pedagang pasar mendapatkan vaksin virus Corona (COVID-19), meskipun saat ini baru menyasar 1.365.007 dari total 4.014.000 pedagang yang sudah terdata.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu untuk meluruskan keterangan yang disampaikan Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Muhammad Ikhsan Ingratubun.

Awalnya Ikhsan menyampaikan apresiasi terhadap program vaksinasi terhadap para pedagang. Tapi dia kurang puas jika hanya 1,3 juta pedagang yang divaksinasi.

"Ini memang yang kita tunggu-tunggu karena mohon izin bahwa dampak COVID terhadap perekonomian bangsa ini memang terdampak besar kepada pedagang besar atau pedagang pedagang mikro. Untuk itu bahwa tadi saya juga agak kurang puas kalau hanya sekitar 1,3 juta (pedagang) saja untuk sampai bulan Mei," kata Ikhsan dalam diskusi virtual di saluran YouTube FMB9, Rabu (17/2/2021).

Maxi pun memastikan bahwa seluruh pedagang akan mendapatkan vaksinasi. Pemerintah melakukan proses vaksinasi menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin.

"Saya ingin klarifikasi yang tadi disampaikan Bang Ikhsan. Jadi tadi data yang saya sampaikan itu sesuai ketersediaan vaksin kita Maret itu sekitar 1.365.000 (yang divaksinasi) dari 4 juta lebih (pedagang). Tetapi mereka semua 4 juta itu pasti dapat," terang Maxi.

"Hanya waktunya saja mungkin di bulan April mereka semua sudah dapat semua, karena memang ketersediaan vaksin kita Februari-Maret itu untuk pedagang pasar kita sudah alokasikan sekitar 30% dari 4 juta. Dan memang data 4 juta ini seperti saya katakan kami dapat ini dari BPJS Ketenagakerjaan," tambahnya.

Lihat juga Video: Bersama Anies, Jokowi Tinjau Vaksinasi Corona Pedagang Tanah Abang

[Gambas:Video 20detik]



(toy/fdl)