5 Wejangan Sri Mulyani Untuk 1.521 CPNS Baru Kemenkeu

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 17 Feb 2021 16:38 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan wejangan kepada 1.521 calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2019 di lingkungan Kementerian Keuangan. Wejangan ini pertama kali disampaikan secara virtual karena masih adanya pandemi COVID-19.

Sri Mulyani meminta kepada 1.521 CPNS Kementerian Keuangan untuk tidak terlena atas rasa bangga karena sukses bergabung di lingkungan Kementerian Keuangan. Sebagai CPNS, dikatakan Sri Mulyani perjalanan panjang sebagai abdi negara justru baru dimulai.

"Anda diterima di Kementerian Keuangan merupakan langkah awal. Temanya saja from zero to hero, itu menggambarkan bahwa untuk mencapai level zero saja Anda harus berjuang luar biasa, itu patut disyukuri dan Anda boleh merasa bangga untuk memupuk rasa semangat Anda," kata Sri Mulyani dalam acara Orientasi Calon ASN Kementerian Keuangan Tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual, Rabu (17/2/2021).

"Tapi jangan lupa Anda masih di level zero, perjuangan yang keras itu baru mencapai level zero. Ke depannya Anda semua 1.433 dan 88 calon diharapkan akan menjadi hero, tidak hanya di lingkungan Kementerian Keuangan," tambahnya.

Untuk menjadi seorang CPNS, Sri Mulyani mengungkapkan ada lima poin penting yang harus dipegang. Poin pertama, dikatakannya adalah integritas. Dia menjelaskan, integritas tidak hanya sebatas pada korupsi.

"integritas itu jauh lebih besar dari tidak korupsi, integritas itu anda memiliki pendirian, sebuah benteng, sebuah kepribadian yang anda tidak akan gadaikan," katanya.

Kedua, adalah profesionalitas. Sri Mulyani menjelaskan setiap CPNS Kementerian Keuangan harus memiliki kompetensi. Di mana bisa menguasai setiap pekerjaan yang ditugaskan oleh negara.

"Terus belajar, cari ilmu, cari pengetahuan sampai ujung dunia sehingga jajaran Kementerian Keuangan akan diisi orang-orang yang punya pengetahuan dan tekad akan naik, tidak cepat puas dan haus ilmu pengetahuan untuk menambah kompetensinya," ujarnya.

Lihat Video: Siap-siap! CPNS Dibuka April-Mei, Ini Formasinya

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2