3 Fakta Mr. Hu, Sosok di Balik #SellerAsingBunuhUMKM

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 18 Feb 2021 06:30 WIB
Tuyul Online
Foto: Tuyul Online (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Tagar #SellerAsingBunuhUMKM sempat jadi perbincangan di sosial media. Mr. Hu disebut-sebut sebagai orang di balik penyebab munculnya fenomena itu.

Informasi yang beredar, Mr. Hu itu merupakan importir asing yang berjualan di marketplace Indonesia. Yang jadi masalah adalah dia kerap memasang harga yang kebangetan murah sehingga dikhawatirkan dapat membunuh UMKM Indonesia.

Berikut 3 faktanya:

1. Nama Mr. Hu Selalu Muncul Sebagai Pengirim

Kabar yang beredar, saat belanja di marketplace dengan harga murah, hampir seluruh barang tertera nama itu sebagai pengirim dengan alamat dari Shangxue Industrial Park, Building 6, Bantian.

"Biasanya alamat pengirimannya dari Guangzhou dan packingnya hampir sama semua warna putih-putih tulang dan itu kayaknya cuma ada di Shopee. Makanya kalau belanja di Shopee kalau bisa di seller lokal aja, tapi emang sih barang-barang Mr. Hu ini murah-murahnya kebangetan," tulis netizen seperti dilihat Rabu (17/2/2021). Tulisan tersebut sudah disesuaikan dengan ejaan yang baku.

2. Jual Produk Murah Banget

dr Tirta Mandira Hudhi (dr Tirta) melalui akunnya menjelaskan bahwa Mr. Hu berasal China yang menjual barang-barang murah di marketplace. Hal itu dikhawatirkan dapat membunuh UMKM Indonesia.

"Kayaknya banyak yang belum ngerti ya, jadi kemarin ada fenomena Mr. Hu, seller dari China, yang barangnya sampai mana-mana. Isinya barang-barang lucu dan barang kebutuhan hari-hari lah. Harganya sangat murah. Transaksi eceran lintas negara. Ini bahaya buat kelangsungan UMKM kita," kata dr Tirta.

Dengan harga murah yang ditawarkan Mr. Hu, tentunya masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan barang-barang yang dijualnya ketimbang produk UMKM Indonesia.

"Bayangin, biasanya kalian beli batik misal Rp 100.000 via Mr. Hu ini, bisa beli batik print dari China Rp 35.000 dapat 2 pcs. Kita pasti pesan karena murah. Begitu liat alamat seller, yup bukan dari negara Indonesia," ucapnya.

3. Teten Bakal Panggil Shopee

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengaku akan memanggil pihak Shopee. Masalah yang menyeret nama Mr. Hu itu dinilai serius karena bisa membunuh keberlangsungan UMKM Indonesia.

"Masalah ini serius dan memukul usaha UMKM. Dalam waktu dekat kami akan dalami fenomena Mr. Hu ini dan akan mengundang pihak Shopee untuk menjelaskan lebih detail," kata Teten.

Teten belum mengetahui apa yang akan dilakukan ke Shopee untuk mengatasi fenomena Mr. Hu ini. Yang jelas, pihaknya ingin mendalami dulu kasus UMKM ini. "Kita dalami dulu kasusnya karena memang Shopee yang kami ketahui bisa cross border, pintu masuk seller dari China," sebutnya.

Lihat Video: Pelaku UMKM dan Musisi di Parepare Demo Tolak PPKM

[Gambas:Video 20detik]



(aid/fdl)