Berburu Lays hingga Cheetos yang Bakal Hilang dari Indonesia

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 18 Feb 2021 21:45 WIB
Lays, Doritos dan Cheetos Akan Berhenti Produksi, Milenial : Please Jangan Pergi!
Foto: instagram @laysindonesia/ @cheetos_indonesia
Jakarta -

PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) tak akan lagi menjual dan mengedarkan cemilan Lays, Doritos hingga Cheetos. Kebijakan itu diambil setelah 100% saham IFL dikuasi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dan putus kontrak dengan Fritolay, PepsiCo sebagai produsen 3 merek camilan tersebut secara internasional.

Dengan putusnya kontrak dengan IFL, maka Fritolay, PepsiCo dan atau pihak afiliasi lainnya tidak diperbolehkan lagi memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama 3 tahun sejak berakhirnya masa transisi.

Lalu, apakah kabar ini lantas membuat masyarakat langsung berbondong-bondong borong 3 cemilan tadi?

Dari pantauan detikcom di 3 minimarket berbeda yakni Alfamart, dan 2 Indomaret di daerah Cimanggis, Depok terlihat ketiga cemilan itu masih tersedia. Meski begitu, ada saja yang bagian yang tampak lowong di display tempat cemilan itu dipajang. Paling banyak, display yang lowong adalah bagian display Cheetos dan Doritos.

Di Alfamart, bagian Doritos tampak sudah lowong sebagian. Bagian yang paling banyak lowong adalah bagian rasa Barbeque. Namun, stok nya masih ada. Sedangkan untuk Lays dan Cheetos displaynya tampak padat penuh dengan stok.

Di Indomaret, juga sama, ada yang lowong di display Doritos rasa Nacho Cheese. Rasa lainnya masih berjejer penuh. Selain Doritos, display Cheetos juga ada yang lowong untuk varian Cheetos Puff rasa Cheedar Cheese. Sedangkan display Lays masih penuh berjejer di display.

Di Indomaret lainnya, hanya display Cheetos yang tampak lowong yaitu di deretan Cheetos rasa Jagung Bakar. Sedangkan cemilan lainnya baik Doritos maupun Lays masih penuh berjejer di Display.

Dikonfirmasi langsung kepada kasir di masing-masing minimarket tadi jawabannya beragam.

"Lumayan sih yang beli hari ini, nggak tau juga kenapa, kita juga bingung, mungkin karena itu (berita Lays hingga Cheetos mau setop produksi)," ujar Kasir Alfamart Didit kepada detikcom, Kamis (18/2/2021).

Pegawai di minimarket lainnya mengaku tak terlalu memperhatikan belanjaan pelanggan.

"Kurang tau juga, nggak merhatiin banget, soalnya baru jaga juga sore tadi," kata Kasir Indomaret Gina.

Sedangkan, staf di Indomaret lainnya bilang bahwa tak ada perubahan signifikan pada pola belanja pelanggannya.

"Biasa aja sepertinya, segitu-gitu aja, banyakan beli makan buat sehari-hari ya, rokok, gitu-gitu," ucap Staf Indomaret lainnya Minah.

Untuk stok masing-masing cemilan tadi termasuk Cheetos, ketiganya kompak memastikan stoknya aman. Di gudang pun masih banyak stoknya untuk mengisi display yang kosong.



Simak Video "Selamat Tinggal! Cheetos, Lays dan Doritos Tak Lagi Dijual di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)