Animator RI di Balik Film Avengers, Belajarnya dari Warnet!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 19 Feb 2021 08:10 WIB
The Avengers Infinity War
Foto: imdb

Peluang Industri Animasi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Sandiaga Uno menilai, industri animasi mulai dari film kartun hingga film layar lebar adalah peluang usaha ekonomi kreatif. Sehingga industri animasi menjadi sebuah investasi yang sangat potensial untuk membuka lapangan kerja.

Hal tersebut disampaikan Sandi ketika mengunjungi Infinite Studios yang dilanjutkan dengan video conference di Nongsa Digital Park, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (21/1/2021).

"Kita akan terus tingkatkan karena industri perfilman animasi, di bawah lingkup ekonomi kreatif dan kita harus berkolaborasi agar kemudahan-kemudahan dan insentif bagi industri ini bisa berkembang dan buka lapangan kerja seluas-luasnya," ungkap Sandi di Nongsa Digital Park, Batam, Kepulauan Riau.

Dalam kunjungannya, Sandi melihat adanya kluster inovasi dan kolaborasi antara digitalisasi dengan kearifan lokal. Dia pun mengajak mengajak para animator dan kreator film untuk melibatkan pengrajin seni lokal seperti Fariz Wibisono, seorang pemuda asal Wonogiri, Jawa Tengah yang membuat wayang dari kertas daluang.

Sandi pun berharap, dengan adanya fasilitas dan kemudahan dari Kemenparekraf, animasi nasional dan kesenian lokal bisa menjadi jawara hingga mendunia.

"Dalam memperkuat sektor parekraf kita harus memberikan fasilitasi dan kemudahan-kemudahan agar kita bisa cetak talenta baru, lapangan kerja baru," papar Sandi.

"Saya ucapkan terima kasih sekali lagi, saya minta juga kerjasama-kerjasama dengan teman-teman lain agar bukan hanya dari kota-kota besar, tapi dari Wonogiri dapat kesempatan juga untuk di showcase kelestarian budaya budaya kita," tambahnya.

Halaman

(acd/eds)