Alasan Pedagang Tanah Abang Ogah Disuntik Vaksin COVID-19

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 19 Feb 2021 15:25 WIB
Petugas menyuntikan vaksin COVID-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Tak semua pedagang di Pasar Tanah Abang mau divaksinasi COVID-19. Sebagian ada yang masih ragu-ragu bahkan takut. Alasannya beragam, namun rata-rata mengaku takut karena meragukan keamanan dari vaksin tersebut.

"Takut aja gitu, takut kenapa-napa," ujar salah seorang pedagang di pasar Tanah Abang, Wahyu (bukan nama sebenarnya) kepada detikcom, Jumat (19/2/2021).

Menurut Wahyu yang paling ia takuti adalah efek samping ke depan. Sebab, menurutnya dari yang ia baca di media sosial ada banyak efek samping yang menakutkan mulai dari alergi sampai merusak otak. Namun, sebenarnya yang ditakuti oleh Wahyu tadi berita hoaks.

"Dari yang saya baca-baca di sosmed, grup-grup WA begitu, tapi moga bener itu hoaks aja ya," katanya.

Ia akan memastikan dulu hasil dari pedagang lain yang sudah vaksin duluan, bila tak ada efek samping yang berarti, ia mau mendaftarkan diri buat ikut vaksinasi.

"Saya tanya teman-teman dulu deh yang dah vaksin gimana badan mereka. Kalau aman-aman aja, baru ikut daftar besok-besok," timpalnya.

Pedagang lain yang masih ragu-ragu divaksinasi juga memiliki ketakutan yang sama.

"Emang sih kalau vaksin katanya ekonomi bisa pulih, tapi ya masih ragu-ragu, takut karena banyak yang bilang nggak bagus, ada yang bilang dari China vaksinnya nggak halal, saya jadi ragu mau divaksin atau enggak," kata Heri.

Sama dengan Wahyu, Heri juga mau menunggu testimoni teman-temannya dulu yang vaksin duluan.

"Kalau kata mereka baik-baik aja, saya ikut juga," sambungnya.

Heri berharap semoga vaksinasi tak semenyeramkan yang diceritakan orang lain. Ia pun menyimpan harap vaksinasi bisa memulihkan ekonomi secepatnya.

"Dan semoga aja kalau banyak yang divaksin bisa bikin orang mau datang belanja lagi ke sini," timpalnya.

Lihat Video: Hari Ini, Sekitar 1.500 Orang di Kawasan Tanah Abang Divaksinasi Corona

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)