Lagi, Elon Musk Salip Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 20 Feb 2021 11:00 WIB
Elon Musk founder, CEO, and chief engineer/designer of SpaceX speaks during a news conference after a Falcon 9 SpaceX rocket test flight to demonstrate the capsules emergency escape system at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Sunday, Jan. 19, 2020. (AP Photo/John Raoux)
Foto: AP
Jakarta -

Elon Musk kembali menggeser Jeff Bezos dari urutan nomor 1 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg. Kini, kekayaan Musk mencapai US$ 200 miliar atau setara Rp 2.813 triliun, sementara kekayaan bersih Bezos adalah US$ 194 miliar atau setara Rp 2.728 triliun (kurs Rp 14.066).

Dilansir dari Business Insider, Sabtu (20/2/2021), kesuksesan Elon Musk merebut kembali posisi tersebut merupakan berkat valuasi baru SpaceX yang menyebabkan saham Tesla naik, dan kekayaan Musk naik US$ 11 miliar atau setara Rp 154 triliun.

SpaceX baru saja meraup pendanaan senilai US$ 850 juta atau setara Rp 11,95 triliun, sehingga valuasi perusahaan naik US$ 74 miliar atau setara Rp 1.040 miliar.

Selain saham Tesla, saham Amazon juga mengalami lonjakan dari fluktuasi harian. Hal itu pun menyebabkan keduanya saling berebut posisi nomor 1 dalam orang terkaya di dunia.

Namun, hal tersebut sudah menjadi hal yang biasa bagi Bezos dan Musk. Pergerakan saham Amazon dan Tesla bisa menyebabkan kekayaan kedua pendirinya kehilangan atau bertambah hingga 10 digit, karena sebagian besar terkait langsung dengan ekuitas, dan hanya sedikit kekayaan mereka dalam bentuk uang tunai yang siap dihabiskan.

Reli saham Tesla pada 7 Januari meningkatkan kekayaan bersih Musk beberapa miliar dolar AS untuk menyalip Bezos. Tetapi, setelah saham Tesla jatuh sekitar 2% pada pertengahan Februari, kekayaan Musk juga lenyap US$ 5 miliar atau setara Rp 70 triliun.

Musk dan Bezos telah melihat kekayaan mereka membengkak secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir karena saham Amazon dan Tesla telah meroket luar biasa. Harga saham Tesla melonjak lebih dari 700% sepanjang 2020 saja, dan menambahkan kekayaan Musk hampir US$ 140 miliar atau sekitar Rp 1.969 triliun.

Kekayaan Elon Musk sebagian besar berasal dari porsi sahamnya yang besar di Tesla. Musk memiliki sekitar 18% saham Tesla, menjadikannya pemegang saham terbesar perusahaan. Ia juga merupakan CEO dengan bayaran tertinggi di dunia pada tahun 2019.

Di sisi lain, saham Amazon telah meningkat lebih dari lima kali lipat selama lima tahun terakhir, yang melambungkan Bezos dari seorang multi-miliuner menjadi centi-miliuner pertama di dunia. Ia juga menjadi orang pertama yang memiliki kekayaan lebih dari Us$ 200 miliar atau lebih dari Rp 2.813 triliun

Bezos kehilangan sebagian besar kekayaan bersihnya setelah perceraiannya pada 2019, yang membuat mantan istrinya MacKenzie Scott memiliki sekitar 25% dari kepemilikan Amazon mereka.

Orang terkaya berikutnya di Bloomberg Billionaires Index adalah pendiri Microsoft Bill Gates, CEO LVMH Bernard Arnault, dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

(kil/eds)