BRI Beri Alsintan & Bangun Greenhouse Paprika untuk Petani Bandung

Nurcholis Maarif - detikFinance
Senin, 22 Feb 2021 13:11 WIB
Bantuan Alsintan untuk Petani Bandung-BRI
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Bandung -

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Regge Generation merupakan salah satu kelompok yang masuk dalam program inkubator bisnis milik Bank BRI. Gapoktan ini mendapat bantuan demplot atau greenhouse untuk pengembangan paprika.

Seperti diketahui, inkubator bisnis merupakan bantuan kepada perintis usaha di tahap awal bisnis. Sebelumnya, gapoktan yang ada di Desa Cukanggenteng, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung ini memproduksi berbagai jenis tanaman hortikultura, seperti kol, cabai, dan belakangan didominasi labu.

Dari labu ini bahkan kawasan tersebut dikembangkan Bank BRI menjadi agrowisata kampung labu acar. Pemimpin Cabang Bank BRI Kabupaten Bandung, M Ruri Efendi Bank BRI juga telah memberikan berbagai bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada gapoktan ini, seperti mesin cultivator, timbangan digital, tray, mesin sachen, dan sprayer.

Adapun bantuan greenhouse untuk pengembangan paprika diberikan sebagai bentuk salah satu diversifikasi komoditas pertanian. Ini agar jika salah satu komoditas pertanian yang diproduksi petani turun, bisa ditambal dengan jenis komoditas yang lain.

"Di situ jadi selama labu acar dalam kondisi (harga) turun, para petani bisa ekspansi di produk yang lain, terutama cabai (paprika), tomat, dan lain-lain. Jadi bisa terus mengembangkan penghasilan para petani di sekitarnya," ujarnya kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Bantuan Alsintan untuk Petani Bandung-BRIBantuan Alsintan untuk Petani Bandung-BRI Foto: Agung Pambudhy/detikcom

Lebih lanjut ia mengatakan dalam program inkubator bisnis ini, Bank BRI tidak hanya memberikan bantuan greenhouse atau alsintan saja, tetapi juga mencari pasar untuk komoditas yang dihasilkan. Selain itu, ada pelatihan dan saranan komunikasi agar komoditas mudah diterima pasar.

"Dalam inkubator ini, selain BRI memberikan bantuan dan sarana lainnya, BRI juga memberikan bantuan berupa penyaluran ataupun marketing terutama kepada para pengepul, selain bertani, dicarikan pembelinya oleh BRI," ujarnya.

"Dan juga diberikan bantuan berupa pelatihan, juga sarana komunikasi dengan pembeli, sehingga produk-produk yang ada para pelaku usaha itu bisa tersalurkan dan mudah dalam pemasarannya," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Regge Generation, Dede Koswara menjelaskan telah bekerja sama dengan Bank BRI sejak tahun 2019. Mulai dari mendapatkan KUR Super Mikro, menjadi agen BRILink, masuk dalam program inkubator bisnis, dan belakangan mendapat bantuan greenhouse serta alsintan.

Bantuan Alsintan untuk Petani Bandung-BRIBantuan Alsintan untuk Petani Bandung-BRI Foto: Agung Pambudhy/detikcom

"Awalnya dari BRI masuk ke kelompok kami tahun 2019 akhir, kerja sama program masuk kaya KUR Super Mikro ke gapoktan kita. Terus BRI melihat kelompok kita banyak orangnya, BRI membutuhkan nasabah, dan kita membutuhkan dana, Alhamdulillah kita kerja sama lagi. Kemarin saya dikasih kepercayaan demplot," ujarnya.

"Tadinya ditanya apa yang dibutuhkan kelompok Regge, saya bilang cultivator, alat pencangkul tanah, BRI nyurvei, dari unit, cabagg, dari Jakarta juga nyurvei ke sini. Kelompoknya ada, petaninya ada, akhirnya dapat CSR lumayan besar, saya dapat demplot paprika, lalu dikembangkan agrowisata, kampung wisata terus alat pascapanen kaya sanchin, tray, hand sprayer, saya dikasih fasilitas lebih lah," imbuhnya.

detikcom bersama BRI mengadakan program Jelajah UMKM ke beberapa wilayah di Indonesia yang mengulas berbagai aspek kehidupan warga dan membaca potensi di daerah. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, ikuti terus beritanya di detik.com/tag/jelajahumkmbri.



Simak Video "#BRIBersamaUMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ara)