Jadi Tempat Syuting FTV, Ini Kebun Strawberry Tersembunyi di Bandung

Nurcholis Maarif - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 12:00 WIB
Kebun Strawberry Bandung-BRI
Foto: detikcom
Bandung -

Saat berkunjung ke jalur wisata Pacira (Pasir jambu, Ciwidey, dan Rancabali) di Bandung Selatan, kamu akan mendapati spot wisata kebun strawberry yang berjejer di pinggir jalan. Biasanya kebun itu menawarkan spot foto hingga memetik strawberry dan memakan langsung dari pohonnya.

Sebenarnya ada kebun strawberry 'tersembunyi' yang lebih luas dan menawarkan pemandangan yang indah dibandingkan yang hanya ada di pinggir jalan. Kamu harus masuk lebih jauh lagi untuk menemukan kawasan ini, tepatnya ada di Kampung Rancamulya, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rancabali.

Kawasan ini 'tersembunyi' dan belum banyak diraba wisatawan karena sebenarnya memang bukan daerah tujuan wisata dan tidak berada di pinggir jalan. Namun, kawasan ini punya potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata.

Lokasinya pun tak jauh dan mudah dijangkau. Misalnya dari Kawah Putih hanya dapat ditempuh sekitar 30 menit menggunakan motor atau mobil. Jalan masuk ke kawasan ini dari jalur utama Pacira pun terhitung enak, meski masih ada sedikit jalan aspal yang rusak.

Kebun Strawberry Bandung-BRIJadi Tempat Syuting FTV, Ini Kebun Strawberry Tersembunyi di Bandung Foto: detikcom

Hanya saja sebagaimana jalur pegunungan pada umumnya, jalan ke Desa Sukaresmi ini berkelok dan naik turun. Namun, sepanjang jalan kamu akan disuguhi pemandangan kebun teh yang luas dan sejuk hingga akhirnya kebun teh itu akan berganti pemandangan tanaman-tanaman strawberry yang berjejer.

Sinyal internet pun masih terbilang aman di Desa Sukaresmi ini. Sementara untuk ATM, hanya ada ATM BRI Lahan-lahan strawberry tersebut masih dikelola warga, sementara untuk kebun teh dikelola oleh PTPN VIII.

Potensi untuk jadi tempat wisata itu juga diakui H. Dadang, petani dan pengepul strawberry yang ada di Desa Sukaresmi. Menurutnya kawasan Desa Sukaresmi yang merupakan sentra strawberry di Kabupaten Bandung bisa dijadikan agrowisata.

"Mungkin juga sih (bisa jadi) agrowisata. Tinggal nambahin kayak homestay. Kalau kaya di Lembang kan nggak begitu banyak strawberrynya. Jalur wisata di sini banyak (deket), mau ke Situ Patenggang, mau ke Kawah Putih. Udah wisata di Kawah Putih, bisa pulang ke sini nginepnya," ujarnya.

Kebun Strawberry Bandung-BRIJadi Tempat Syuting FTV, Ini Kebun Strawberry Tersembunyi di Bandung Foto: detikcom

Menurut H. Dadang yang nasabah BRI tersebut, Desa Sukaresmi juga pernah jadi tempat syuting pembuatan FTV di salah satu TV swasta pada dua tahun lalu. Judul FTV tersebut yaitu Bidadari di Kebun Strawberry.

"Dulu pernah dibikin syuting dari Trans TV. Paling 2 hari (waktu itu). Kan pindah-pindah mereka, dari Lembang pindah ke sini, judulnya Bidadari di Kebun Strawberry. Mereka ambil rumah saya juga yang ada packing strawberry, ambil rumah-rumah warga juga," ujarnya.

Sebagai informasi, strawberry di Rancabali juga masuk dalam klaster UMKM yang dibidik dan dibina BRI. Menurut Pemimpin Cabang BRI Soreang, M Ruri Efendi, BRI telah melakukan pembinaan terhadap UMKM unggulan yang ada di Kabupaten Bandung, salah satunya strawberry.

"BRI Cabang Soreang telah melakukan pembinaan-pembinaan terhadap sektor UMKM unggulan di Kabupaten Bandung, terutama di bidang pertanian di antaranya sektor unggulannya ada strawberry, kemudian ada juga labu acar, juga ada kopi terutama di Kabupaten Bandung ini terkenal dengan yang terdapat di pegunungan-pegunungan. Juga ada pandai besi dan sektor utama lain yang ada di Kabupaten Bandung," ujarnya.

Kebun Strawberry Bandung-BRIJadi Tempat Syuting FTV, Ini Kebun Strawberry Tersembunyi di Bandung Foto: detikcom

detikcom bersama BRI mengadakan program Jelajah UMKM ke beberapa wilayah di Indonesia yang mengulas berbagai aspek kehidupan warga dan membaca potensi di daerah. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, ikuti terus beritanya di detik.com/tag/jelajahumkmbri.



Simak Video "Dari Rancabali sampai Pengalengan, untuk Kopi dan Strawberry."
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)