Mau Buka Bisnis? Coba Cek Daftar yang Lagi Tren Ini

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 15:36 WIB
Marketplace
Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mendorong lebih banyak orang Indonesia melek digital hingga internet. Terbukti total pengguna internet di Indonesia kini meningkat hingga mencapai 197 juta orang atau 74% dari total penduduk Indonesia.

Selain meningkatkan partisipasi pengguna internet, pandemi COVID-19 tanpa disadari juga mengubah banyak ketertarikan orang akan sesuatu. Menurut Head of Large Customer Marketing Google Indonesia Muriel Makarim selama pandemi ini, topik individual matter atau masalah-masalah pribadi seperti kesehatan mental mengalami peningkatan pencarian di Google.

"Jadi dari Google Search kita bisa lihat bahwa orang Indonesia itu sekarang tingkat kesadarannya atau self awareness-nya itu semakin tinggi, mereka ingin belajar bagaimana cara meningkatkan kualitas hidup, kesehatan baik itu secara mental ataupun fisik," ungkap Muriel dalam acara Marketeers Hangout 2021 secara virtual, Kamis (25/2/2021).

Untuk keyword "obat gerd"mengalami peningkatan pencarian paling tinggi hingga 90%, disusul keyword "kesehatan mental" mengalami peningkatan hingga 70%. Kemudian keyword "apa itu anxiety" meningkat 55%, keyword "self care" meningkat 45%, keyword "rasisme adalah" meningkat 40%, dan keyword "gender equality" meningkat 25%.

Tema lain yang turut meningkat di Google Search adalah seputar Higher Purposes berkaitan tentang cara membantu sesama selama pandemi COVID-19 atau segala bentuk kepedulian lainnya. Beberapa keyword yang paling banyak dicari adalah "bebas plastik" hingga 35%, keyword "reusable cup" hingga 170%, keyword "plant-based diets" hingga 90%, keyword seputar tenaga medis seperti "menyumbangkan" hingga 150%, "paket sembako" hingga 200%, keyword "buatan Indonesia" 95%, dan "produk lokal" hingga 70%.

Lalu, tema lainnya terkait Whole Selves seperti keyword "kegiatan anak di rumah" hingga 330% dan keyword "e-learning" hingga 180%.

Tema lainnya, terkait Sweet Relief atau hobi seperti keyword "Ikan Cupang" hingga 110%, keyword "Podcast" hingga 170%, "hewan peliharaan" hingga 95% dan "tanaman rumah" hingga 120%.

Tema terakhir adalah Future Proofing seperti "daftar usaha" meningkat hingga 200%, keyword "cara membuat aplikasi" hingga 20%, dan "digital marketing" hingga 35%.

Nah, kata kunci yang sedang tren ini barangkali bisa jadi panduan buat Anda yang ini mencoba peruntungan di dunia bisnis. Ada yang menarik, detikers?

Simak video 'Pengaruh Tren Pencarian Google Terhadap Bisnis Digital':

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)