Jamin Pasokan Pangan Ramadhan, Mendag: Gula-Daging Kerbau Sudah Impor

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 19:22 WIB
M Lutfi Menteri Perdagangan Baru
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi/Foto: Dok. Kemendag
Jakarta -

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk memenuhi kebutuhan pangan Ramadhan dan Lebaran. Ia juga menuturkan telah memberikan sejumlah izin untuk impor.

"Pertama itu adalah informasi yang serius kalau saya, saya yang pasti, kita sudah kerja untuk memastikan kecukupan dari bahan pokok dan bahan penting tersebut," katanya dalam teleconference, Kamis (25/2/2021).

"Saya sudah perintah untuk yang impor-impor, sudah. Gula sudah impor, daging sapi, daging kerbau sudah impor. Komoditas yang penting beras sudah dipastikan, itu sudah," lanjutnya.

Meski demikian, dia enggan menyebut jumlah, harga, serta waktu kedatangan komoditas impor tersebut. Menurutnya, itu merupakan hal yang sensitif.

"Tapi jumlah, harga, dan kapan datangnya itu ada di kantong saya karena itu sensitif dan saya yakin bahwa kita akan melampaui Lebaran ini dengan baik," katanya.

Dia berharap, urusan impor sudah beres saat harga mulai naik. Dia mengaku, persoalan urusan impor telah ia jalankan sejak 24 Desember atau sehari sejak ia dilantik.

"Tapi yang pasti semua sudah saya kerjakan, dan mudah-mudahan di harga yang semakin naik ini, impor-impor tersebut sudah beres, saya melaksanakan 24 Desember di mana saya dilantik 23 Desember," katanya.

(acd/ara)