Nungguin Kapan Bansos Rp 300 Ribu Cair Lagi? Ini Bocorannya

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 26 Feb 2021 10:25 WIB
Ilustrasi Subsidi Bunga
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Bagi keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sedang menunggu kapan bantuan sosial (bansos) Rp 300 ribu cair lagi, sabar ya. Bantuan akan cair setelah menerima surat pemberitahuan pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Setelah mendapat surat pemberitahuan pencairan BST, baru bisa mendatangi kantor pos terdekat untuk mencairkan bansos Rp 300 ribu itu. KPM diminta datang pada waktu yang telah ditetapkan.

"Kantor pos memiliki jadwal pencairan BST untuk menghindari kerumunan," kata Kemensos yang diunggah melalui akun Instagram @kemensosri, dikutip detikcom, Jumat (26/2/2021).

Pencairan bansos Rp 300 ribu tidak boleh diwakilkan, wajib membawa surat undangan serta KTP atau Kartu Keluarga (KK). Bagi penerima yang sakit, lanjut usia, dan penyandang disabilitas berat, petugas pos akan mengantarkan bantuan langsung ke tempat tinggal penerima dan tidak ada potongan.

Kemensos berpesan pada penerima bansos Rp 300 ribu supaya menggunakan bantuan dengan bijak. Bantuan diharapkan bisa mengurangi beban pengeluaran KPM selama pandemi COVID-19.

Bansos Rp 300 ribu harus dibelanjakan barang-barang kebutuhan pokok bukan rokok, minuman keras, atau obat-obatan terlarang. Penggunaan bantuan dengan bijak diharapkan dapat membantu masyarakat melewati masa darurat.

Jadi, sudah tahu kan kapan bansos Rp 300 ribu cair lagi?

Simak juga Video: Ini Daftar Bansos yang Didapat di 2021

[Gambas:Video 20detik]



(aid/eds)