Gaungkan Benci Produk Asing, Jokowi Diminta Beri Contoh

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 13:29 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pemangku kepentingan untuk menggaungkan cinta produk dalam negeri. Tak hanya itu, Jokowi juga meminta agar menggaungkan benci produk asing.

Namun, Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun menilai hal itu tak cukup. Menurutnya, yang perlu dilakukan adalah memberi contoh untuk membeli produk dalam negeri.

"Pertanyaannya apa yang harus dilakukan tidak cukup dengan mengimbau atau membenci, tidak cukup, berikan contoh tauladan bahwa ini loh 'Saya presiden saya menggunakan produk Indonesia'," katanya kepada detikcom, Kamis (4/3/2021).

Dia mengatakan, hal itu sebagaimana pernah dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat memamerkan sepatu yang dibeli dari Cibaduyut.

"Dulu kan kan Pak JK dia buka sepatunya di publik ini buatan Cibaduyut, ingat nggak, itu dampaknya industri sepatu Cibaduyut luar biasa itu," katanya.

Menurutnya, perlu peran tokoh-tokoh berpengaruh untuk memberi contoh membeli produk dalam negeri. Misalnya, Raffi Ahmad dengan pengikut atau followernya yang besar.

"Kita butuh panutan, itu kita berikan contoh orang-contoh yang followernya banyak atau influencer itu harus memberikan contoh secara konkret," tambahnya.

Sebelumnya, Jokowi meminta untuk kembali digaungkan cinta produk Indonesia ditambah juga dengan benci produk asing.

"Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan! Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri," tegasnya.

"Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri," tambah Jokowi.

Dengan begitu, Jokowi yakin masyarakat Indonesia yang begitu besar akan menjadi konsumen yang loyal terhadap produk-produk Indonesia sendiri.

Simak Video "Jokowi: Cintai Barang Kita, Benci Produk Luar Negeri":

[Gambas:Video 20detik]



(aid/dna)