Harga Emas Lagi Turun, Pengganti Investasi yang Cuan Apa Ya?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 09 Mar 2021 13:48 WIB
ilustrasi investasi
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Harga emas sedang turun terus seiring dengan adanya prospek pemulihan ekonomi. Hal itu membuat instrumen logam mulia saat ini menjadi kurang menjanjikan untuk investasi.

"(Emas) untuk saat ini kurang menjanjikan ya. Tapi bisa saja 2-3 tahun ke depan akan cukup bagus," kata Direktur TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi kepada detikcom, Selasa (9/3/2021).

Sebagai pengganti investasi emas yang harganya sedang turun terus, Ibrahim menyarankan untuk berganti investasi yang lebih cuan yakni saham, obligasi dan deposito. Alasannya karena ketiga instrumen itu lebih menjanjikan ketika pertumbuhan ekonomi membaik dan dijamin oleh pemerintah.

"Kalau menurut saya mending saham, obligasi dan deposito. Itu salah satu alternatif bisnis ya menurut saya untuk saat ini. Di emas juga kan nggak ada bunganya, kalau deposito semua ada bunga, obligasi ada bunga, di saham pun kalau saham-saham blue chip itu cukup menjanjikan untuk masyarakat," tuturnya.

Sedangkan untuk investasi bitcoin, tidak disarankan karena harganya sudah terlalu tinggi jika baru mau membeli. "Kalau bitcoin saat ini sudah terlalu tinggi harganya," tuturnya.

Analis Komoditas, Ariston Tjendra menambahkan bahwa untuk memilih investasi yang cuan bisa menyesuaikan dengan profil risiko.

"Untuk yang agresif, bisa lebih banyak portofolio sahamnya. Untuk yang lebih konservatif, emas dan obligasi bisa menjadi pilihan. Dengan rendahnya suku bunga BI, investasi selain deposito menjadi lebih menarik karena spread yieldnya lebih besar," tandasnya.

Simak juga Video: Anjlok! Harga Emas Turun ke Bawah Rp 1 Juta

[Gambas:Video 20detik]



(aid/eds)