Bos Facebook Sumbang Rp 603 M ke Ratusan Pekerja di Hawaii

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 10 Mar 2021 12:27 WIB
MOUNTAIN VIEW, CALIFORNIA - NOVEMBER 03: (L-R) Priscilla Chan and Mark Zuckerberg attend the 2020 Breakthrough Prize Red Carpet at NASA Ames Research Center on November 03, 2019 in Mountain View, California. (Photo by Ian Tuttle/Getty Images  for Breakthrough Prize )
Foto: Ian Tuttle/Getty Images
Jakarta -

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan menggelontorkan US$ 4,2 juta atau setara Rp 603,96 miliar (kurs Rp 14.380/US$) untuk program pekerjaan bagi penduduk daerah di Hawaii.

Dilansir dari Business Insider, Rabu (10/3/2021), program itu bernama Rise to Work, sebuah inisiatif yang dibuat pada 2020 untuk penduduk kabupaten Kauai yang kehilangan pekerjaan di tengah pandemi COVID-19.

Program itu awalnya didanai oleh stimulus ekonomi pada awal 2020 dan pendanaan telah berakhir pada Desember 2020. Kini, program tersebut dihidupkan kembali berkat sumbangan Zuckerberg dan Chan.

"Melalui sumbangan Priscilla dan Mark sebesar US$ 4,2 juta kepada Hawaii Community Foundation, program Rise to Work hidup kembali, menawarkan tujuan dan harapan ke orang-orang yang berjuang," kata Walikota Kauai, Derek Kawakami.

Program ini dapat mendukung hingga 400 pekerja. Mereka yang terpilih akan ditempatkan di pekerjaan sementara dan akan menerima gaji mingguan beserta asuransi kesehatan gratis.

"Keluarga kami sangat peduli tentang Kauai, dan kami senang mendukung program berharga ini yang memiliki dampak positif luas dalam komunitas yang kami cintai," kata Chan dalam sebuah pernyataan.

Untuk diketahui, Zuckerberg dan Chan telah menjadi penduduk Kauai sejak 2014 ketika mereka membeli kompleks seluas 750 hektare (Ha) di Pantai Utara Kauai. Mereka menghabiskan US$ 100 juta atau setara Rp 1,43 triliun untuk dua properti yang merupakan bekas perkebunan tebu seluas 357 Ha yang disebut Perkebunan Kahu'aina, dan sebidang tanah seluas 393 Ha yang disebut Pantai Pila'a.

Meski begitu, pasangan itu bersama dua putrinya biasanya tinggal di Palo Alto, California, dekat markas besar Facebook. Baru sejak pandemi mereka tampak lebih banyak di Hawaii sejak Juni 2020.

Sebelumnya pada bulan April, Zuckerberg dan Chan juga telah berkomitmen menggelontorkan US$ 1 juta atau Rp 14,38 miliar untuk Kauai. Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu wilayah tersebut memerangi virus COVID-19.

Simak juga 'Kemenkes-Facebook Jalin Kerja Sama Kirim Info Vaksinasi':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/eds)