Goldman Sachs Kucurkan Rp 144 T untuk Perempuan Kulit Hitam

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 10 Mar 2021 22:15 WIB
Skandal 1MDB: Goldman Sachs nyatakan tuntutan pidana Malaysia salah alamat
Foto: BBC World
Jakarta -

Bank raksasa di Amerika Serikat (AS), Goldman Sachs Group Inc berencana menginvestasikan US$ 10 miliar atau setara Rp 144 triliun (kurs Rp 14.400/US$) untuk wanita kulit hitam.

Dilansir Reuters, Rabu (10/3/2021) inisiatif yang disebut "One Million Black Women" itu bertujuan untuk mendukung perempuan kulit hitam selama 10 tahun ke depan, dengan fokus pada berbagai bidang termasuk perawatan kesehatan, penciptaan lapangan kerja, dan pendidikan.

Bank tersebut mengatakan langkah itu adalah bagian dari komitmennya untuk mempengaruhi kehidupan setidaknya satu juta wanita kulit hitam pada tahun 2030.

Dengan latar belakang protes atas kematian George Floyd keturunan Afrika-Amerika tahun lalu, perusahaan-perusahaan besar telah berjanji untuk meningkatkan keragaman, menyumbang kepada kelompok hak-hak sipil dan mengubah kebijakan.

Goldman mengucurkan dana US$ 10 juta tahun lalu untuk mempromosikan kesetaraan rasial. Pada saat itu, perusahaan mengatakan telah menginvestasikan sekitar US$ 200 juta selama satu dekade ke organisasi yang berdedikasi untuk menyediakan layanan bagi komunitas warna.

Rosalind Brewer, Kepala Eksekutif rantai toko obat Walgreens Boots Alliance, dan Lisa P. Jackson, Wakil Presiden Lingkungan, Kebijakan dan Inisiatif Sosial di Apple Inc akan duduk di dewan penasihat proyek baru tersebut.

Dewan tersebut juga akan mencakup Marc Morial, CEO organisasi hak-hak sipil National Urban League dan mantan Walikota New Orleans.

(toy/dna)