Orang Terkaya RI Versi Sri Mulyani, Siapa Dia?

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 13 Mar 2021 07:00 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Isa Rachmatarwata kini sudah tidak menjadi orang terkaya di Indonesia versi Sri Mulyani Indrawati. Menteri Keuangan itu kini sudah merevisinya dan menyerahkan predikat tersebut kepada Rionald Silaban.

Kedua pria yang ini adalah anak buah Sri Mulyani di Kementerian Keuangan. Mereka berdua merupakan pejabat eselon I.

Rionald Silaban menjadi orang terkaya di Indonesia versi Sri Mulyani karena baru saja dilantik menjadi Dirjen Kekayaan Negara yang sebelumnya dijabat oleh Isa Rachmatarwata.

"Untuk Dirjen Kekayaan Negara, saya berterima kasih kepada Pak Isa dan sudah terlanjur terkenal sebagai orang terkaya di Indonesia," kata Sri Mulyani yang disiarkan disiarkan oleh YouTube Kementerian Keuangan, Jumat (12/3/2021).

Rionald Silaban pun ditunjuk Sri Mulyani sebagai Dirjen Kekayaan Negara yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPPK Kementerian Keuangan. Dengan begitu, predikat orang paling kaya di Indonesia versi Sri Mulyani pun berganti ke Rionald Silaban.

"Hari ini terpaksa diganti statusnya oleh pak Rio sebagai orang terkaya di Indonesia," ungkapnya.

Rionald Silaban menjadi orang paling kaya di Indonesia versi Sri Mulyani karena Dirjen Kekayaan Negara mengelola aset pemerintah pusat sekitar Rp 10.467,53 triliun.

Nilai itu terdiri dari aset lancar Rp 491,86 triliun, investasi jangka panjang Rp 3.001,2 triliun, aset tetap Rp 5.949,59 triliun, piutang jangka panjang (netto) Rp 56,88 triliun, dan aset lainnya Rp 967,98 triliun. Hal ini tercatat dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2019.

Kalau Rionald Silaban adalah orang terkaya di Indonesia versi Sri Mulyani karena mengelola harta kekayaan negara, lantas siapa orang terkaya di Indonesia yang punya harta pribadi paling banyak? klik halaman berikutnya.

Simak juga 'Cerita Sukses Sri Mulyani Pimpin Kemenkeu hingga Bank Dunia':

[Gambas:Video 20detik]