Catat! Begini Cara Cek Penerima BPUM Lewat eform.bri.co.id/bpum

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 16 Mar 2021 08:30 WIB
Program Banpres Produktif untuk usaha Mikro menjadi strategi pemerintah dalam membantu para pengusaha kecil agar bisa bertahan dan bangkit di tengah pandemi COVID-19.
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta -

Pemerintah melanjutkan bantuan untuk UMKM berupa Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). Untuk mengecek penerima BPUM bisa lewat eform.bri.co.id/bpum.

Bagi yang belum tahu caranya, bisa mengikuti cara cek eform.bri.co.id/bpum sebagai berikut:

1. Cek Penerima BPUM eform BRI bisa dilakukan dengan mengakses situs di alamat eform.bri.co.id/bpum secara langsung.

2. Masukkan data Nomor KTP dan Kode Verifikasi pada kolom yang tersedia.

3. Klik 'Proses Inquiry' dan layar akan memperlihatkan keterangan apakah pengguna terdaftar atau tidak.

Selain melalui website, cek BPUM BRI juga dikabari langsung melalui SMS ke pelaku UMKM terkait. Bila mendapatkan SMS, artinya penerima terdaftar sebagai penerima.

Sementara itu, bagi pelaku UMKM yang belum masuk sebagai penerima BPUM bisa melakukan pendaftaran. Cara Daftar BPUM sebagai berikut:

1. Lakukan pendataran ke Dinas Koperasi dan UKM kabupaten atau kota dengan melampirkan bukti memiliki usaha mikro dari pengusul secara offline maupun online.

2. Kementerian Koperasi akan melakukan penilaian kelayakan bersama Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

3. Jika pelaku UMKM dinilai layak, maka BPUM langsung ditransfer ke rekening penerima bantuan. Namun, sebelum itu penerima harus memenuhi syarat seperti di bawah ini

- Para pelaku UMKM tidak sedang menerima kredit dari perbankan
- Pelaku UMKM adalah WNI
- Punya NIK
- Memiliki UKM yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul sebagai lampiran
- Bukan ASN/PNS, anggota TNI/POLRI, atau pegawai BUMN/BUMD

BPUM mulai dijalankan pada Maret 2021 ini. Meski, bantuan yang digelontorkan lebih kecil yakn sebesar Rp 1,2 juta atau separuh dibanding tahun lalu Rp 2,4 juta.

"Tambahan BPUM di 2021 ditetapkan pemerintah sebesar Rp 1,2 juta dan direncanakan sudah bisa dilaksanakan Kemkop (Kementerian Koperasi dan UKM) di bulan Maret ini," ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Bagi yang sudah mendaftar, jangan lupa terus cek di eform.bri.co.id/bpum. Semoga beruntung ya!

(acd/eds)