Sarinah Lagi Dirombak, Erick Thohir: Dapat Disaksikan November

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 18 Mar 2021 11:24 WIB
Petugas melakukan proses pemugaran pusat perbelanjaan Sarinah di Jakarta, Sabtu (31/10/2020). Sarinah merupakan pusat perbelanjaan (Mal) pertama di Indonesia.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pemerintah tengah berupaya mendorong pengembangan usaha ultra mikro dan UMKM. Cara yang ditempuh ialah menyediakan pembiayaan, akses pasar hingga infrastruktur.

Menteri BUMN Erick Thohir, salah satu cara yang ditempuh untuk memfasiltiasi ultra mikro dan UMKM dan melalui PT Sarinah (Persero). Saat ini, gedung Sarinah tengah dirombak dan bisa disaksikan hasilnya pada November mendatang.

"Kita juga memperbaiki Sarinah bagaimana Sarinah menjadi tulang punggung brand lokal. Insyallah bapak ibu dapat menyaksikan nanti November bagaimana Sarinah baru bisa menjadi pembangunan UMKM brand lokal atau ultra mikro," katanya dalam rapat dengan Komisi VI, Kamis (18/3/2021).

Dia menuturkan, usaha ultra mikro dan UMKM juga dilayani dengan Pasar Digital (PaDi) UMKM. Lewat pasar digital ini, BUMN akan menyerap produk UMKM.

"PaDi UMKM di mana kita membuka akses ultra mikro UMKM menjadi suplier dari pada BUMN yang membutuhkan support barang-barang yang ada tentu catatan. PaDi UMKM kalau kita lihat masih ada beberapa barang asing yang kita sekarang-sekarang memperkuat TKDN," ujarnya.

Selanjutnya, pemerintah akan membentuk holding ultra mikro yang melibatkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

"Bahwa satu model bisnis ekositem ultra mikro akan fokus pada pemberdayaan melalui PNM, dan pengembangan bisnis melalui Pegadaian dan BRI untuk menjembatani usaha mikro naik kelas," terangnya.

Simak video 'Renovasi Sarinah dan Fakta Relief 'Bung Karno'':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/eds)