Ternyata... Sri Mulyani Sering Dapat SMS Tawaran Utang, Apa Reaksinya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 23 Mar 2021 12:09 WIB
Wawancara khusus Sri Mulyani untuk hari Jumat 21 April 2017.
Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai kemajuan teknologi di sektor keuangan saat ini mulai bergerak. Terutama di teknologi finansial atau fintech yang membuat masyarakat semakin mudah mencari pinjaman melalui handphonenya.

Dia menyebutkan dengan kemajuan ini dia juga sempat kesal, karena setiap hari menerima penawaran utang cepat melalui SMS. Setiap hari dia selalu menghapus SMS-SMS tersebut dari ponselnya.

"Sekarang banyak yang menawarkan anda butuh dana cepat? Itu setiap hari saya hapus kayak gitu. Ada yang Anda butuh Rp 1 juta, Rp 5 juta, kalau punya BPKB rumah atau jaminan lainnya," kata dia dalam diskusi online, Selasa (23/3/2021).

Sri Mulyani menambahkan hal ini memang sisi lain dari dampak kemajuan teknologi. Karena itu harus diawasi dengan ketat. Dia meminta regulator dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk terus melakukan edukasi masyarakat untuk mengetahui fintech yang legal dan ilegal.

Menurut dia OJK harus membangun edukasi dan menyampaikan produk-produk yang diawasi atau tidak diawasi. Fintech sekarang sudah muncul seperti tengkulak coming to your handphone," jelas dia.

Kemudian kemajuan teknologi menurut dia adalah hal yang tak bisa dihindari. Banyaknya platform digital dinilai bisa meningkatkan inklusi keuangan di Tanah Air.

Dia mengaku menerima perkembangan tersebut dan implementasinya terhadap sektor keuangan. Ia pun terus melakukan upaya perbaikan agar ekosistem keuangan bisa berjalan lebih baik mengikuti perkembangan yang ada.

"Saya sangat humble, even though saya sudah lama jadi Menteri Keuangan. Kita akan perbaiki ekosistem kita, saya humble dengan fenomena ini," jelas Sri Mulyani.

Tonton juga Video: Cerita Sukses Sri Mulyani Pimpin Kemenkeu hingga Bank Dunia

[Gambas:Video 20detik]



(kil/fdl)