Pengin Jajal Bayar Tol Tanpa Setop? Cek Nih Caranya

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 24 Mar 2021 06:30 WIB
Jakarta -

Bayar tol tanpa setop sedang diuji coba di ruas tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Memakai stiker berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID), pengendara mobil bayar tol tanpa perlu membuka kaca.

Stiker tersebut dipasang pada lampu depan (head lamp) mobil bagian kanan. Namun, Jasa Marga belum memperjualbelikan stiker tersebut karena bayar tol tanpa setop baru uji coba terbatas, yang pesertanya dari BUMN dan komunitas otomotif.

"Yang kami lakukan saat ini, hanya sebatas uji coba yang lingkupnya masih terbatas, dan tidak komersial," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru kepada detikcom, Senin (22/3/2021) lalu.

Selain itu, pengendara juga harus memiliki aplikasi Let It Flo, diunduh melalui Google Play atau App Store. Dalam aplikasi itu pengendara diminta mengisi identitas diri hingga membuat nomor PIN.

Selain harus memiliki aplikasi Let It Flo, mereka yang mau menjajal bayar tol tanpa setop harus memiliki aplikasi LinkAja untuk top-up voucher sebagai saldo pembayaran. Tanpa pakai struk, semua histori pembayaran bisa dipantau melalui Handphone (HP) dalam laman riwayat transaksi.

"Jadi kita download aplikasi Flo dan LinkAja. Paling kita isi form link dari dia tapi otomatis langsung ada di Flo. Setelah itu dananya disedot dari LinkAja. Jadi nggak bisa dari BCA atau Mandiri langsung transfer ke Let It Flo, harus melalui LinkAja dulu," kata Ketua Velozity Chapter Jakarta, Fannyansyah kepada detikcom, Selasa (23/3/2021).

Setelah mengisi saldo, pengendara mobil bisa langsung menjajal bayar tol tanpa setop dengan stiker yang ditempel pada head lamp bagian kanan. Stiker tersebut akan terekam sensor di gerbang tol. Cuma perlu diingat, pengendara harus masuk gerbang tol bertuliskan lajur khusus pengguna Flo. Selama mencoba ya!

(aid/hns)