Bukan Kejutan, Centro BXchange Tutup Sudah Lama Diprediksi

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 24 Mar 2021 13:43 WIB
Kondisi Terkini Centro Bintaro Xchange yang Dikabarkan Mau Tutup
Foto: Hendra Kusuma
Jakarta -

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengungkapkan banyak perusahaan ritel maupun mal yang terpaksa menutup operasinya karena tidak kuat menghadapi pandemi COVID-19. Salah satunya kabar penutupan gerai Centro Bintaro Xchange atau BXchange di Tangerang Selatan, Banten.

Ketua APPBI Alphonsus Widjaja mengatakan penutupan operasi beberapa ritel ataupun dijualnya pusat perbelanjaan pun sudah diperkirakan pihak asosiasi. Bahkan menurut dia sepanjang tahun ini masih banyak pelaku usaha yang berada dalam tekanan berat.

"Jadi memang sudah diperkirakan bahwa ada banyak pelaku usaha yang mengalami keterpurukan yang mana pada akhirnya terpaksa harus menutup usahanya ataupun menjualnya," kata dia kepada detikcom, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Pandemi COVID-19 yang berlangsung selama setahun di Indonesia telah berdampak hebat bagi sektor ritel khususnya kategori fashion. Sebab, selama ini pemerintah memberlakukan kebijakan pembatasan yang menurunkan mobilitas serta daya beli masyarakat.

"Wabah COVID-19 di Indonesia telah berlangsung lebih dari satu tahun yang mana juga mengakibatkan banyak pelaku usaha yang telah kehabisan kemampuan untuk bertahan lagi," ujarnya.

Kebijakan pembatasan selama pandemi COVID-19, kata Alphonsus juga membatasi jam operasional pusat perbelanjaan maupun ritel. Hal ini menjadi salah satu penyebab banyak pelaku di sektor ini yang tidak mampu mempertahankan bisnisnya.

"Masing-masing perusahaan memiliki daya tahan yang berbeda satu sama lain. Bagi pelaku usaha yang sudah tidak memiliki kemampuan lagi untuk bertahan maka terpaksa harus menutup usahanya ataupun menjualnya," ungkapnya.

Namun demikian mengenai kabar Centro BXchange yang akan tutup, Alphonsus mengaku sudah mendengar kabar tersebut. Namun perlu ditunggu sampai pihak manajemen yang mengumumkan.

"Ada kabar demikian, tapi masih menunggu informasi resminya," katanya.

Tonton juga Video: Sepi Pengunjung, Centro Plaza Semanggi Tutup

[Gambas:Video 20detik]



(hek/eds)