Bukan April Mop! Ini Kebijakan Jokowi yang Baru Keluar Lalu Dianulir

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 01 Apr 2021 10:18 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Tanggal 1 April adalah hari yang mudah diingat sebagai perayaan April Mop oleh dunia. April Mop atau yang dikenal dengan istilah Fools Day adalah hari saat orang diperbolehkan berbuat jahil seperti berbohong, tipuan, atau jebakan dengan maksud bercanda atau bersenang-senang.

Bicara momen April Mop yang identik dengan jebakan mengingatkan kepada beberapa momen kebijakan pemerintah yang beberapa waktu terakhir berubah dengan cepat. Kebijakan yang awalnya disuarakan ke publik akan diambil akhirnya dibatalkan dalam waktu singkat.

Maknanya memang berbeda dengan April Mop yang dengan sengaja bercanda. Namun untuk ikut memeriahkan momen April Mop yang berlangsung hari ini, mari kita lihat kembali sejumlah momen 'April Mop' yang sempat ditunjukkan oleh pemerintah beberapa waktu terakhir.

Insentif Nakes

Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan akhirnya memastikan pemerintah tetap memberikan insentif nakes di tahun 2021. Sebelumnya, khalayak sempat dihebohkan dengan beredarnya surat Menteri Keuangan Nomor S-665/MK.02/2021 tentang permohonan perpanjangan pembayaran insentif bulanan dan santunan kematian bagi tenaga kesehatan dan peserta PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) yang menangani COVID-19.

Besaran insentif nakes yang tertuang dalam surat kepada dokter spesialis sebesar Rp 7,5 juta per orang per bulan, peserta PPDS sebesar Rp 6,25 juta per orang per bulan, dokter umum dan gigi sebesar Rp 5 juta per orang per bulan, bidan dan perawat sebesar Rp 3,75 juta per orang per bulan , tenaga kesehatan lainnya sebesar Rp 2,5 juta per orang per bulan, dan santunan kematian sebesar Rp 300 juta per orang.

Namun akhirnya Kementerian Kesehatan RI menegaskan tidak ada pemotongan insentif bagi tenaga kesehatan (nakes) yang berjuang dalam penanganan COVID-19. Besaran insentif nakes pada 2021 ditetapkan sama seperti 2020, yaitu dokter spesialis Rp 15 juta per bulan, dokter umum dan dokter gigi Rp 10 juta per bulan, bidan dan perawat Rp 7,5 juta per bulan, tenaga kesehatan lainnya Rp 5 juta per bulan. Sedangkan untuk santunan meninggal sebesar Rp 300 juta.

Simak juga video 'Jokowi Tegaskan Tak Ada Tempat Bagi Terorisme di Tanah Air':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2

Tag Terpopuler