BPS Catat Harga Mobil Turun di 46 Kota

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 01 Apr 2021 14:17 WIB
Harga mobil LCGC atau mobil murah bakal naik karena kena pajak 3%. Meski tak signifikan harga mobil LCGC akan semakin nyerempet dengan Low MPV.
Foto: Dok
Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi penurunan harga jual mobil khususnya yang berkapasitas mesin di bawah 1500 cc menyumbang deflasi di Maret 2021. Setidaknya penurunan harga mobil terjadi di 46 kota.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan penurunan harga kendaraan bermotor (KBM) terjadi di kota Manado.

"PPnBM ditanggung pemerintah dan mulai berlaku 1 Maret 2021. Tentu saja hal ini berdampak pada turunnya beberapa harga mobil baru di berbagai kota. Dari 90 IHK ada 46 kota penurunan harga, terjadi tertinggi di Manado," kata Setianto dalam video conference, Kamis (1/4/2021).

Pemberian fasilitas PPnBM ini berlaku bertahap mulai Maret hingga November 2021. Relaksasi PPnBM bertahap tersebut antara lain, sebesar 0% pada Maret-Mei, lalu PPnBM 50% pada Juni-Agustus, dan terakhir PPnBM 25% di akhir tahun September-November.

Setianto mengatakan sektor transportasi khususnya sub sektor pembelian kendaraan terjadi deflasi 1,02% dengan andil sebesar minus 0,03%.

"Yang jelas dari data lapangan yang kita tangkap di Maret ini terjadi penurunan harga mobil, beberapa merek kita punya data terjadi penurunan untuk 1500 cc dan beberapa wilayah ini juga mengalami penurunan," ungkapnya.

(hek/fdl)