Cara Risma Ajak Ibu-ibu Jadi Pebisnis

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 03 Apr 2021 14:00 WIB
Mensos Risma
Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Sosial Tri Rismaharini menceritakan saat menjabat sebagai Walikota Surabaya dirinya selalu berupaya membantu masyarakat. Salah satunya adalah dengan membesarkan pahlawan ekonomi di Surabaya.

Risma menjelaskan pahlawan ekonomi ini merupakan ide orisinal dari dalam dirinya. Hal ini karena ia ingin mengajak masyarakat yang berpenghasilan rendah agar bisa menjadi lebih baik.

Pahlawan ekonomi menggunakan media sosial Facebook sebagai salah satu channel penjualan. Hal ini karena, Risma menilai Facebook adalah tempat yang ramai digunakan oleh masyarakat untuk bercengkerama dan berbagi informasi.

"Kita alihkan dari ngobrol biasa di Facebook menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai," kata Risma dalam diskusi online, Sabtu (3/4/2021).

Program pahlawan ekonomi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan keluarga yang tergolong miskin, meskipun suaminya sudah bekerja. Dengan pahlawan ekonomi ini, sebagai salah satu jalan untuk mengatasi ini, yaitu menggerakkan roda perekonomian keluarga kedua, yaitu ibu atau istri," kata dia.

Katanya, berbisnis di kelas bawah, menengah maupun atas adalah sama-sama capek. Namun, warga yang tergabung dalam Pahlawan Ekonomi, akan dibantu seperti mem-branding produk-produknya.

"Agar produknya ini menarik dan laku hingga menyasar ke pasar menengah dan atas. Diharapkan nantinya, pendapatan juga lebih banyak dari hasil berjualan di pasar menengah ke atas," jelasnya.

Menurut Risma, pelaku-pelaku usaha kecil juga harus memperhatikan perizinan seperti BPOM dan Halal. Hal ini karena masyarakat akan lebih tertarik jika produk sudah memiliki syarat dan standarisasi tersebut.

(kil/eds)