Belum Terdaftar di eform.bri.co.id BPUM 2021? Begini Cara Mengusulkannya

Kristina Ina - detikFinance
Senin, 05 Apr 2021 17:54 WIB
Pemerintah kembali menyiapkan banpres produktif untuk UMKM tahap II. Bantuan UMKM online yang bersifat tunai ini besarannya masih sama yakni Rp 2,4 juta.
Foto: Agung Pambudhy/Belum Terdaftar di eform.bri.co.id BPUM 2021? Begini Cara Mengusulkannya
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementrian Koperasi dan UKM kembali menggelontorkan bantuan produktif usaha mikro (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) UKM 2021 kepada 12,8 juta orang. Untuk mengetahui siapa saja penerimanya dapat dilihat melalui eform.bri.co.id/bpum.

Pelaku UMKM dapat mengecek secara online melalui laman yang tersedia dengan mengisi nomor KTP. Setelah itu, masukkan kode verifikasi untuk melanjutkannya.

Bagi pelaku usaha yang terdaftar sebagai penerima BLT UKM maka akan muncul notifikasi untuk menghubungi kantor cabang BRI guna melakukan pencairan. Sementara itu, untuk yang tidak terdaftar akan muncul pemberitahuan nomor KTP tidak terdaftar.

Bagi pelaku yang yang belum terdaftar eform.bri.co.id BPUM 2021 dapat mengajukan ke dinas yang membidangi koperasi dan UMKM di kabupaten atau kota masing-masing. Pengajuan sudah bisa diakses sebagaimana dikutip dalam instagram @kemenkopukm, Senin (5/4/2021).

"Kopmin mau informasikan kalau pelaksanaan program tersebut sudah mulai dapat diakses. Kabar terbarunya, usulan baru calon penerima bantuan sudah dapat mengajukan ke dinas yang membidangi koperasi dan UKMKM kabupaten/kota masing-masing," tulis Kemenkopukm dalam Instagramnya.

Sebelum mengajukan usulan baru, pastikan Anda merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki KTP elektronik.

Penerima BLT UKM juga memiliki usaha mikro dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BLT UKM sebagai lampiran.

Pengusul juga bukan berasal dari ASN, TNI/Polri, pegawai BUMN dan BUMD dan tidak menerima BLT UKM di tahun sebelumnya. Berikut cara daftar untuk mendapatkan eform.bri.co.id BPUM 2021

1. Siapkan dokumen seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga, alamat tempat tinggal, bidang usaha, dan nomor telepon. Siapkan juga bukti kepemilikan usaha sebagai lampiran.
2. Lakukan pendaftaran melalui Dinas Koperasi dan UKM di kabupaten atau kota masing-masing.
3. Tunggu hingga data diproses. Kementerian Koperasi dan UKM akan melakukan penilaian kelayakan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
4. Setelah dilakukan penilaian dan dinyatakan layak untuk menerima BLT UKM, maka bantuan akan ditransfer kepada penerima melakui rekening.

Selamat mencoba daftar eform.bri.co.id BPUM 2021!



Simak Video "Jokowi Bagi-bagi BLT di Kalteng, Minta Usaha Mikro Tak Tutup"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)