Joe Biden Rombak Besar-besaran Kebijakan Trump, Ini Bocorannya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 06 Apr 2021 08:53 WIB
President Joe Biden speaks at the Pentagon, February 10, 2021, in Washington, DC. - Harris and Biden are visiting the Pentagon for the first time since taking office. (Photo by Alex Brandon / POOL / AFP)
Foto: AFP/ALEX BRANDON

Retorika itu bukanlah pidato biasa. Sebaliknya, pada dasarnya sebagai pembuka untuk pertemuan musim semi Bank Dunia/IMF minggu ini. Pesannya, globalisasi dam peran AS yang dianggap sebagai pusat misi kembali populer.

"Selama empat tahun terakhir, kami telah melihat secara langsung apa yang terjadi ketika Amerika mundur dari panggung global. Amerika first tidak boleh berarti Amerika sendiri. Karena di dunia saat ini, tidak ada negara sendiri yang dapat menyediakan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan untuk rakyatnya," kata Yellen.

Hal itu bukanlah satu-satunya yang disampaikan Yellen. Tanpa menyebut nama Trump, ia mengkritik pemerintah sebelumnya yang lambat menangani pandemi COVID-19.

Dia mengatakan, Gedung Putih gagal terlibat lebih awal untuk mengatasi krisis yang membuat aspek ekonomi semakin buruk. Dia juga menekankan pentingnya menghentikan virus di negara lain.

Halaman

(acd/fdl)