Mudik Dilarang, KAI Tetap Siapkan Tiket Angkutan Lebaran?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 06 Apr 2021 10:17 WIB
Penumpang menaiki kereta api Jayakarta jurusan Surabaya Gubeng di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (21/12/2020). Arus mudik Natal dan Tahun Baru melalui Stasiun Pasar Senen ke sejumlah daerah di Jawa mulai mengalami peningkatan.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Mudik dilarang pemerintah mulai tanggal 6-17 Mei 2021. PT KAI (Persero) selaku operator kereta api memastikan akan mematuhi keputusan pemerintah.

Lantas, apakah selama mudik dilarang KAI menjual tiket mudik Lebaran?

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan saat ini pihaknya hanya menjual tiket perjalanan KA jarak jauh sampai 30 April 2021. Itu berarti, saat ini tiket mudik Lebaran belum dijual.

"Pelayanan pemesanan tiket KA Jarak Jauh baru dilayani sampai dengan 30 April 2021," kata Joni kepada detikcom, Selasa (6/4/2021).

Untuk keberangkatan bulan Mei atau saat mudik dilarang, kata Joni, pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dalam waktu dekat akan terbit Permenhub tentang pengendalian transportasi pada masa Idul Fitri 2021.

"KAI masih menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah terkait pengaturan moda transportasi kereta api pada masa lebaran dari Kemenhub," imbuhnya.

Joni memastikan KAI akan mendukung seluruh kebijakan pemerintah dan berkoordinasi dengan semua pihak selama mudik dilarang.

"KAI mendukung penuh seluruh kebijakan pemerintah dalam hal penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional. KAI akan terus melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait," kata Joni.

Seperti diketahui, mudik dilarang pemerintah pada Lebaran 2021. Arahan ini diberikan untuk seluruh masyarakat, tujuannya untuk melancarkan program vaksinasi dan menekan angka penyebaran COVID-19.

"Tahun 2021, mudik ditiadakan berlaku untuk ASN, TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri, dan seluruh masyarakat, sehingga upaya vaksinasi yang sedang dilakukan bisa menghasilkan kondisi kesehatan yang semaksimal mungkin sesuai yang diharapkan," kata Menko PMK Muhadjir Effendy, dalam jumpa pers virtual.

Simak juga 'Komisaris Utama KAI Tinjau Langsung Prokes di Stasiun Pasar Senen':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/zlf)