Mendag: Harga Cabai Sekarang Sudah di Bawah Rp 70 Ribu

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 07 Apr 2021 11:29 WIB
Harga cabai rawit di Pasar Pandeglang mencapai Rp 160 ribu per kg
Foto: Rifat Alhamidi
Jakarta -

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan harga cabai dan bawang sudah mulai menurun. Dia juga menyebutkan jika pasokan sembako menjelang ramadan dan Idul Fitri aman.

Lutfi menyebut dengan amannya pasokan barang ini maka masyarakat bisa lebih tenang dalam menjalankan ibadah.

"Saya mulai mengecek ketersediaan barang Ramadhan dan Idul Fitri di Pasar Induk Kramat Jati untuk periksa dari hulunya. Semua barang hampir dibilang stabil bahkan menurun," kata dia, Rabu (7/4/2021).

Dia mengungkapkan dengan proyeksi panen maka pasokan barang bisa lebih besar dan harga cabai bisa terus turun.

"Ramadhan tahun ini harga stabil dan terjangkau, dengan adanya panen juga bisa terus turun. Mudah-mudahan puasa kita tahun ini lebih tenang karena barangnya ada dan tersedia," tambah dia.

Lutfi menambahkan untuk harga bawang putih tercatat stabil di harga Rp 18 ribu - Rp 20 ribu per kilogram. Kemudian di toko ritel ditambah Rp 1.000 dan harga ini masih tetap di bawah harga eceran tertinggi (HET).

Lalu harga cabai keriting yang tadinya sempat di atas Rp 100 ribu saat ini sudah di bawah Rp 70 ribu. Apalagi ditambah ketika panen pasti harga akan lebih rendah. "Kemudian tadi harga cabai keriting yang tadinya sempat di atas 100 ribu sekarang udah di bawah 70 ribu ketika nanti panen juga cabai merah juga," katanya.

Lanjut halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2