Sumber Harta Kevin, Remaja 18 Tahun yang Masuk Daftar Terkaya Dunia

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 07 Apr 2021 18:00 WIB
Seorang petugas menata uang dollar di Jakarta, Senin (30/6/2014). Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat terhadap rupiah sehingga mendorong minat masyarakat untuk berburu mata uang negeri Paman Sam ini.
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Kevin David Lehmann, remaja berusia 18 tahun dinobatkan oleh Forbes sebagai orang terkaya termuda di dunia. Kekayaan bersihnya sebesar US$ 3,3 miliar setara Rp 46,2 triliun (kurs Rp14.000).

Kekayaan tersebut dia peroleh dari sang ayah, Guenther Lehmann yang mentransfer saham jaringan toko obat drogerie markt (dm) kepadanya. Ketika itu dia berusia 14 tahun sehingga aset tersebut tetap di bawah perwalian sampai usianya yang ke-18.

Guenther mengalihkan kepemilikan 50% saham dm kepada Kevin David pada 2017. Otomatis, Lehmann memiliki separuh jaringan toko obat terkemuka di Jerman itu yang menghasilkan pendapatan tahunan lebih dari US$ 12 miliar.

Tidak mengherankan, jika dia menjadi salah satu dari segelintir orang terkaya yang pernah debut saat masih remaja. Perusahaan yang memberikannya kekayaan itu dimulai pada tahun 1973 ketika Goetz Werner membuka toko pertamanya di Karlsruhe, Jerman. Saat ini, dm tersebar di sekitar 3.700 titik.

Pada tahun 1974, ayah Lehmann yang saat itu menjalankan jaringan toko kelontong Pfannkuch keluarganya, berinvestasi di dm. Baik Kevin Lehmann maupun ayahnya tidak terlibat secara operasional di dalam dm. Sedikit yang diketahui tentang mereka.

(toy/ara)