Catat, 5 Tips Jitu Agar Sukses Nabung untuk Persiapan Masa Depan

Yudistira Imandiar - detikFinance
Kamis, 08 Apr 2021 20:29 WIB
Jakarta -

Kamu termasuk orang yang sulit banget menyimpan uang, dan sering mengalami gaji bulanan ludes sangat cepat dan nyaris tak bisa menabung? Kalau ya, kamu perlu tahu cara bijak dalam mengalokasikan uang agar tak terus-terusan kebobolan.

Perencana Keuangan Profesional Ken Handersen menyebut masalah pengelolaan keuangan dialami oleh banyak orang di Indonesia. Ia mengulas, berdasarkan sebuah riset diketahui kebanyakan anak muda hanya mengalokasikan 10 persen penghasilannya untuk menabung. Padahal, 63 persen masyarakat Indonesia tidak memiliki jumlah tabungan yang cukup untuk persiapan masa pensiun.

Dalam tayangan 'Wajar x BNI' Episode ke-24 di YouTube CXO, Ken yang merupakan Founder of Gatherich memberikan lima tips agar dapat menabung secara efektif. Yuk kita ulas bersama-sama.

1. Buat Perencanaan Finansial

Menurut Ken, agar dapat menabung dengan konsisten dan efisien, langkah pertama yang mesti dilakukan yakni membuat perencanaan. Kamu bisa menetapkan untuk apa uang tabungan ini akan dipakai nantinya. Dengan begitu kamu akan lebih disiplin menyisihkan uang demi mencapai target tersebut.

"Contoh, untuk DP rumah, buat beli mobil, atau bahkan nikah. Nah, semua ini kan butuh dana. Dana ini bakal kita pakai di masa depan, jadi kita butuh merencanakan ini dari sekarang. Kita harus tentuin dulu tujuan kita tuh apa," ungkap Ken.

2. Disiplin dengan Alokasi Budget

Konsistensi sangat diperlukan dalam menabung. Agar bisa mencapai target, kamu harus disiplin untuk mengalokasikan uang sesuai dengan jumlah yang telah ditetapkan.

Ken menjelaskan, metode budgeting ala mantan Senator AS Elizabeth Warren dapat digunakan untuk menentukan besaran tabungan. Warren membagi tiga alokasi dana, yakni 50 persen untuk biaya hidup, 30 persen untuk hiburan, dan 20 persen ditabung dan diinvestasikan.

"Tapi metode ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan," sebut Ken.

3. Buat Rencana Cadangan

Perhitungan yang telah dibuat mungkin tak selalu berjalan mulus. Terkadang ada halangan yang harus dilalui saat menabung. Untuk mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi, kamu perlu menyiapkan dana darurat maupun asuransi. Dengan begitu, ketika ada kejadian tak terduga, seperti sakit, kamu tidak perlu mengeluarkan uang dari tabungan yang telah ditargetkan tujuannya.

"Lo harus buat rencana dengan memperhitungkan risiko yang bakal terjadi. Jadi selain lo punya dana darurat, lo juga perlu punya asuransi yang sesuai dengan kebutuhan," jelas Ken.

4. Komitmen

Menabung untuk mendapatkan hal-hal yang besar mungkin butuh waktu yang tak sebentar. Oleh sebab itu, kamu harus sabar dan menetapkan niat agar tak goyah di tengah jalan. Ketika ada keinginan untuk membelanjakan uang yang sudah terkumpul untuk hal lain, segera ingat lagi tujuan yang hendak dicapai.

"Jadi dalam menabung itu lo butuh komitmen dan sabar. Lo harus punya komitmen yang kuat untuk menyelesaikan hasilnya, karena pada akhirnya nggak ada usaha yang mengkhianati hasil," cetus Ken.

5. Kurangi Pengeluaran

Sesuai dengan idiom 'mengencangkan ikat pinggang', dalam mempraktikkan disiplin menabung kamu harus bisa menahan diri untuk membelanjakan uang. Kamu harus menentukan, mana kebutuhan dan keinginan.

"Lo harus nentuin skala prioritas waktu beli sesuatu, dengan ngebedain mana yang dibutuhkan dan mana yang sekadar keinginan.

Agar bisa berhemat, kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo yang ada. Manfaatkan juga program reward seperti BNI Poin Plus. Dengan BNI Poin Plus, kamu bisa mendapatkan voucher belanja untuk membeli kebutuhan pokok, makanan dan minuman, barang-barang hobi, dan lainnya.

Untuk mendapatkan poin, nasabah cukup menabung di BNI dan meningkatkan saldo secara berkala. Penukaran poin dilakukan melalui Mobile Banking BNI.

Nah, sudah tahu kan apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan agar bisa efektif dalam menabung? Sekarang, saatnya mulai mempraktikan tips-tips dari Ken agar bisa mencapai impianmu.

Untuk kamu yang ingin menabung dengan aman, sekarang buka tabungan BNI bisa dilakukan dengan mudah. Hanya dengan memberikan foto selfie, kamu bisa membuka tabungan.

Caranya, kunjungi bit.ly/nabungcukupselfie, siapkan dokumen, pilih jenis tabungan, dan lengkapi data, unggah foto selfie dengan dokumen yang diperlukan. Proses pembuatan rekening di BNI dapat dilakukan setiap hari, termasuk hari libur.

(prf/hns)