Profil Gojek dan Tokopedia yang Dikabarkan Merger Hari Ini

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 09 Apr 2021 19:30 WIB
Jakarta -

Gojek dan Tokopedia dikabarkan sudah merger hari ini. Meskipun, belum banyak komentar yang keluar dari kedua unicorn tersebut.

Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marita tidak membantah soal kabar Gojek dan Tokopedia merger. Ia hanya mengatakan bahwa ini hanya isu yang beredar.

"Kami memahami bahwa ada banyak diskusi yang beredar terkait isu ini, namun kami tidak dapat berkomentar saat ini. Jika ada informasi yang dapat disampaikan terkait aksi perusahaan, kami akan memberitahu teman-teman media dan para pemangku kepentingan sesegera mungkin," ujarnya saat dihubungi, Jumat (9/4/2021).

Berikut dua profil Gojek dan Tokopedia yang dikabarkan sudah merger:

Tokopedia

Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan rekannya Leontinus Alpha Edision pada 2009. Mengutip kata ensiklopedia, nama Tokopedia dipilih sebagai perusahaan serba ada yang menjadi toko online dengan beragam produk di dalamnya.

Kesuksesan Tokopedia tentu tak diraih dalam waktu singkat. Berdasarkan catatan detikcom, kiprah William sebagai pengusaha berawal dari situasi terdesak untuk memenuhi kebutuhan hidup di perantauan. Dia lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara dan merantau ke Jakarta pada akhir tahun 1990-an.

"Saya belajar tentang semangat membangun bambu runcing. Saya selalu menganggap menjadi pengusaha karena kepepet. Entrepreneur by accident," kata William kepada detikcom 2016 silam.

William yang saat itu mencari pekerjaan sampingan menjadi seorang operator warnet yang saat itu sangat ramai di awal tahun 2000-an. Dari situ, ia kemudian jatuh cinta kepada internet, yang pada akhirnya menjadi cikal bakal berdirinya Tokopedia.

Kala itu William bekerja di forum jual beli. Lulusan Universitas Bina Nusantara (Binus) itu kerap mendapati banyak komplain dari pengguna yang mengalami penipuan transaksi. Akhirnya timbul ide untuk membuat sebuah tempat yang terpercaya untuk jual beli online.

Meski sempat diragukan karena tidak ada latar belakang bisnis, Wiliam tetap nekat mewujudkan keinginannya mendirikan Tokopedia. Terbukti, saat ini Tokopedia telah menjadi salah satu marketplace online terbesar di Indonesia.

Profil Gojek di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2