Operasional Sentra Vaksinasi BUMN Berubah saat Ramadhan, Ini Jadwalnya

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 12 Apr 2021 10:54 WIB
Sejumlah pegawai BUMN mendatangi kawasan Senayan, Jakarta, untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Vaksinasi virus Corona tersebut digelar di Istora Senayan.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Layanan penyuntikan vaksin COVID-18 di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN tetap buka selama bulan Puasa. Hanya saja, ada penyesuaian waktu pelayanan vaksinasi COVID-19 di sentra-sentra yang tersebar di DKI Jakarta hingga Surabaya.

Koordinator Operasional Infrastruktur Medis Sentra vaksin Rainier Haryanto mengatakan, selama bulan puasa semua Sentra Vaksinasi Bersama BUMN akan beroperasi mulai 07.00 hingga 14.00 WIB.

Penyesuaian itu berlaku untuk seluruh sentra yang tersebar di lima titik di DKI Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Bandung. Sentra-sentra tersebut dibuka untuk melayani vaksinasi bagi warga lansia, pekerja layanan publik, dan kalangan disabilitas.

Bahkan, khusus di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Istora dan Tennis Indoor, GBK, Senayan, Jakarta akan ditutup pada hari pertama bulan puasa yang diperkirakan jatuh besok, Selasa, (13/4), dan akan beroperasi kembali pada Rabu, (14/4).

Meski ada penyesuaian, Rainier menegaskan jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang melayani vaksinasi tak dikurangi.

"Jumlah tenaga kesehatan yang bertugas di setiap Sentra vaksin tidak berkurang selama bulan puasa. Masih tetap sama. Hanya saja, seperti biasa jam kerja karyawan, baik itu swasta, ASN, atau BUMN pasti mengalami penyesuaian selama Ramadhan, maka kita ikut menyelaraskan dengan jam operasional sentra vaksin" jelas Rainier dikutip dari keterangan resminya, Senin (12/4/2021).

Perlu diketahui, hingga Minggu (11/4), total jumlah warga Indonesia yang mendapat vaksin di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN sudah mencapai 416.000 orang.

Saat ini, vaksinasi untuk warga lansia masih dilanjutkan, bersamaan dengan vaksinasi untuk masyarakat yang rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi, termasuk kalangan disabilitas.

(vdl/ara)