Ngaku Nggak Takut COVID, Pedagang di Pasar Tanah Abang Tak Bermasker

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 15 Apr 2021 17:07 WIB
Pasar Tanah Abang/Trio-detikcom
Foto: Pasar Tanah Abang/Trio-detikcom
Jakarta -

Pemerintah belum mencabut status pandemi COVID-19 di Indonesia. Artinya, protokol kesehatan wajib untuk diterapkan termasuk menggunakan masker di tempat umum. Namun, beberapa pedagang di Pusat Grosir Tanah Abang tak mengindahkan anjuran mengenakan masker.

Pantauan detikcom di Pasar Tanah Abang, Kamis (15/4/2021), sejumlah pedagang tidak menggunakan masker. Bukan sekedar menurunkan maskernya dari hidung, tapi mereka benar-benar melepasnya.

Kondisi tersebut terpantau sekitar pukul 13.00 WIB, entah mereka sedang beristirahat sehingga melepaskan maskernya atau memang sengaja tidak ingin memakainya.

detikcom berkesempatan mewawancara salah satu pedagang pakaian yang tidak memakai masker. Pria yang sengaja tak disebutkan namanya itu mengatakan dirinya sudah tidak takut dengan virus Corona.

"Sebenarnya sekarang sih nggak. Awal-awal iya ada takutnya. Sekarang sudah nggak, sudah biasa sih. Sejak ada demo itu ramai-ramai kan itu, aku lihat kan nggak ada orang yang kena Corona, ya itu aku nggak ada takut lagi," kata dia kepada detikcom.

Hal lain yang membuatnya tak takut karena saat ini pemerintah mulai melakukan vaksinasi. Pedagang Tanah Abang pun menjadi salah satu prioritas pemerintah untuk divaksinasi.

"Udah vaksin, sudah banyak juga (yang divaksinasi)," sebutnya.

Sebagain besar pedagang yang tidak memakai masker terlihat sedang duduk santai dan tidak meladeni pengunjung atau calon pembeli.

Sejauh pengamatan, mereka yang sedang melayani pengunjung tetap memakai maskernya, walaupun ada beberapa yang sedikit menurunkan posisi maker sehingga hidungnya agak terlihat.

Tak hanya pedagang, beberapa pengunjung juga ada yang dengan santainya kesana-kemari tanpa mengenakan masker. Adapula yang menurunkan maskernya hingga ke leher.

Mereka yang tidak menggunakan masker kelihatannya luput dari pantauan petugas, bukan sesuatu yang sengaja dibiarkan. Di pintu masuk sendiri ada petugas yang mengawasi pengunjung.



Simak Video "Aparat Berjaga, Pasar Tanah Abang Tak Seramai Kemarin "
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)