Festival Ide Bisnis

Tips Berbisnis Kuliner Era Digital ala Pebisnis Sukses

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 20 Apr 2021 21:41 WIB
Makaroni Ngehe
Foto: Dok. Makaroni Ngehe
Jakarta -

Bisnis kuliner selalu menjadi ladang cuan idaman banyak orang, termasuk pada era serba digital seperti sekarang ini.

Meski menjanjikan keuntungan yang besar, namun kemungkinan kegagalannya juga tinggi. Apalagi jika tidak dibarengi dengan kreativitas dan strategi yang tepat.

Nah, berikut ini tips buat detikers yang mau berbisnis kuliner pada era digital:

Pahami Target Pasar

Untuk menjalani atau memperluas bisnis, mengetahui target pasar merupakan hal yang terpenting. Setelah itu, Anda harus tahu siapa membutuhkan produk Anda, memahami kompetitor, dan mulai membuat persona.

Dengan begitu, Anda bisa tentukan cara promosi dan strategi bisnis dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Aktif di Media Sosial

Kemudahan komunikasi pada era digital harus dimanfaatkan dengan tepat oleh para pebisnis termasuk di bidang kuliner. Bahkan semua platform media sosial bisa dimanfaatkan untuk menunjang promosi bisnis yang efektif jika menggunakan strategi tepat.

Jika sudah menentukan pasar dan membuat persona untuk bisnis yang dijalani, Anda bisa mulai berkomunikasi dengan calon konsumen melalui berbagai konten kreatif di media sosial. Dengan komunikasi yang intens, bisnis Anda akan dijangkau lebih banyak orang.

Buat Program Diskon Berkala

Selain komunikasi melalui konten, adanya program diskon juga penting untuk memanjakan calon konsumen Anda. Buatlah program diskon secara berkala dengan berbagai penawaran agar konsumen selalu ingat dan akan kembali ke produk Anda.

Manfaatkan momentum hari-hari besar atau situasi yang sedang terjadi agar program diskon Anda selalu mengikuti tren.

Ikut Festival Ide Bisnis

Salah satu tips lain agar bisnis Anda bisa berkembang adalah sering bekerja sama dengan berbagai pihak dan mengikuti kelas bisnis seperti seminar Festival Ide Bisnis.

Dengan mengikuti Festival Ide Bisnis, detikers bisa mendapatkan ide dan strategi bisnis kuliner langsung dari ahlinya.

Di acara yang bakal turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto serta sederet pengusaha yang akan berbagi pada sesi Inspiring Talks seperti Ali Muharam (Founder of Makaroni Ngehe), Ippho Santosa (Founder of British Propolis), Rex Marindo (Founder & CEO Foodizz), Billy Hartono Salim (Founder & CEO PT. Victoria Care Indonesia Tbk), Steven Wongsoredjo (Co-Founder Nusantara Technology), Arif Budiman Nasuko (Founder Digital Class Marketer), Dimas Mairyan (Founder Preppstudio), Michael Sugiharto (Digital Marketing Specialist), Joseph Theodorus (Founder Pabrik Kata-kata Joger), Iman Djayadiningrat (Founder of Hairnerds Studio), Hendra Hilman (GRATYO®️ Certified Business Coach, Head Coach & Co-Owner of GRATYO®️ Bandung), Sunil Tolani (Mindhacker), Yohannes G Pauly (Master Coach) dan Denny Santoso (Digital Marketer, CEO and Founder Tribelio).

Pada sesi workshop class bakal ada pakar bisnis yang akan membagikan ilmu bisnis secara lebih mendalam, di antaranya:

- Coach Cakra Wiyata (Strategic Partner of Coach Yohanes G. Pauly) yang membahas "4 Langkah Buat Sistem Agar Punya Bisnis F&B yang Profitable & AUTO-PILOT"
- Coach Ferly F Raya (Owner, Managing Director & Head Coach of GRATYO®️ Tangerang) yang membahas "9 Strategi Praktis Buat Bisnis Anda Kuasai Internet dan Diantre Customer"
- Coach Nedi Liongdra (Owner & Head Coach of GRATYO®️ Medan) yang membahas "3 Rahasia Strategi Marketing Bisnis Fashion yang Bisa Datangkan Banyak Customer"
- Coach Hendra Hilman (Head Coach & Co-Owner of GRATYO®️ Bandung) yang membahas "6 Langkah Bangun Sistem Agar Bisnis Jalan Sendiri dan Pemilik Bisnis Bisa Jalan-Jalan"
- Coach Ferry Dafira (Owner and Managing Director of Gratyo BusinessVersity) yang membahas "6 Rahasia Punya Bisnis yang Ramai Diserbu Customer"

Nah, acara ini akan berlangsung pada hari Senin-Jumat, 26-30 April 2021 mulai pukul 13.00 WIB. Sesi inspiring talks tidak dipungut biaya alias gratis kamu bisa daftar di sini

Sementara sesi workshop class dikenakan biaya registrasi sebesar 100 ribu per kelas dan kamu bisa mendaftarkan diri di sini

Khusus pendaftar workshop class bakal mendapatkan e-sertifikat, lho. Jadi jangan sampai kelewatan, daftar sekarang juga hanya di sini

Apabila mengalami kendala dalam proses pendaftaran, detikers bisa menghubungi email info@detik.com.

(ara/ara)