Penjualan tiket.com Cetak Rekor di Q1 2021 & Tiket To Do Jadi Populer

Angga Laraspati - detikFinance
Rabu, 21 Apr 2021 08:11 WIB
tiket.com
Foto: Dok. tiket.com
Jakarta -

Online travel agent, tiket.com, melaporkan kinerja kuartal 1 (Q1) di tahun 2021 yang mencatatkan beberapa rekor penjualan, baik dari tiket pesawat hingga booking hotel.

Pemesanan pesawat di tiket.com mengalami kenaikan tinggi sebesar 331%, booking hotel juga meroket di angka 321% dan tiket TO DO juga meraih level popularitas baru di angka 10.083%. Sedangkan angka user mengalami pertumbuhan sebesar 299% atau sekitar 3 kali lipat.

"Performa Q1 tiket.com jauh melampaui best case scenario yang kami susun. Kami sungguh berterima kasih kepada masyarakat Indonesia atas dukungan yang senantiasa diberikan dalam rangka pemulihan industri pariwisata," ungkap Co-Founder & Chief Marketing Officer Gaery Undarsa dalam keterangan tertulis, Rabu (22/4/2021).

"Sebagai salah satu pelaku industri pariwisata terbesar di Indonesia, kami sangat optimis bahwa kinerja tiket.com pada Q2 akan semakin tancap gas," sambung Gaery.

Angka ini juga disebabkan oleh beberapa kampanye yang dijalankan oleh tiket.com seperti Malu Tanggal Muda (MTM) dan kampanye tanggal merah. Ada juga pesta tahunan tiket.com yaitu Mendadak OTW (Online Tiket Week) juga menjadi push tambahan di awal Q2 yang mendorong pembelian tiket pesawat sebesar 81%, booking hotel 131%, dan tiket TO DO sebesar 75%.

Adapun pesta diskon ini berhasil mencetak beberapa raihan seperti booking hotel harian yang lebih tinggi sejak Januari 2020, rasio booking hotel harian di Jakarta yang mencapai titik tertinggi sejak 2019 dan juga pembelian tiket pesawat ke 5 top destinasi di Indonesia yang sejajar dengan kampanye sebelumnya.

Fitur tiket TO DO juga menjadi primadona pada Q1 2021 karena menjawab kebutuhan pelanggan untuk mengunjungi tempat atraksi dan playground bagi keluarga, serta kebutuhan pelengkap perjalanan (travel essentials) tes COVID-19.

Gaery menuturkan tiket.com juga bermitra dengan Kemenparekraf sejak awal tahun untuk mendorong masyarakat untuk berwisata ke destinasi super prioritas dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Menurut catatan tiket.com pada Q1 2021, berdasarkan penjualan hotel pada saat Mendadak OTW Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta masuk dalam list Top 5 mereka. Program ini menjadi salah satu pendorong naiknya angka booking hotel di destinasi top seperti Bali dan Yogyakarta meskipun sedang low season dan dalam kondisi pandemi. Sedangkan untuk tiket pesawat destinasi favorit adalah Surabaya, Medan, Makassar, Bali dan Yogyakarta.

Gaery menambahkan pergerakan positif sektor pendukung utama seperti transportasi dan akomodasi menjadi tolok ukur dalam memonitor kondisi pemulihan saat ini.

"Selain itu, angka transaksi yang meningkat tajam dalam reservasi hotel menjadi bukti keberhasilan tiket.com dalam mengajak masyarakat Indonesia untuk liburan baik dalam bentuk staycation, Work From Hotel, atau Liburan Dekat Rumah secara aman dan sesuai protokol kesehatan," kata Gaery.

Suksesnya kampanye MTM dan Mendadak OTW membuat tiket.com menghadirkan kampanye lainnya yaitu Tiket Hari Raya (THR). Dikatakan Gaery, kehadiran kampanye tersebut menjadi kesempatan bagi masyarakat merencanakan liburan lebih matang dengan harga yang lebih terjangkau.

Saat ini, tiket.com tengah menggelar program diskon tahunan di bulan Ramadhan, yaitu Tiket Hari Raya (THR) dengan diskon hingga 50% + 25% untuk semua produk di dalam tiket.com, yaitu tiket pesawat domestik, hotel, HOMES, TO DO, kereta api, sewa mobil, dan airport transfer.

Adapun untuk kampanye THR yang disebutkan bisa dikatakan spesial karena tiket.com akan merayakan bulan Ramadhan Pol-polan, dengan mengadakan Harga Gledek Spesial THR setiap harinya dari jam 15:00 - 21:00 WIB.

tiket.com juga memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk berbelanja deals yang mereka temukan selama THR dengan bermitra dengan banyak bank dan aplikasi payment online, seperti BCA, BNI, Citibank, CIMB Niaga, Digibank DBS, GoPay, Bank Mandiri, Standard Chartered Bank, TMRW, UOB serta PayLater.

Pilihan variatif metode pembayaran selama masa periode THR berlangsung ini akan semakin meringankan keputusan masyarakat Indonesia untuk berpergian dan berlibur di tahun ini.

VP Brand Marketing tiket.com Maria Risa Puspitasari menjelaskan tiket.com juga mengundang masyarakat untuk menggunakan THR secara bijak, baik untuk melakukan kewajiban berzakat, perayaan Idul Fitri, hingga perencanaan matang dalam menyusun perjalanan atau liburan dekat rumah di masa mendatang dengan memanfaatkan momentum kampanye THR (Tiket Hari Raya) dari tiket.com

"Walaupun proses vaksinasi tengah berjalan, tiket.com tetap mengajak masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik selama dalam perjalanan atau tengah berwisata. tiket.com turut mengajak masyarakat untuk selalu merencanakan liburan dengan matang, agar aman dan nyaman sesuai keinginan hati," ujar Maria.

Simak juga 'Kemenhub Pastikan Subsidi Tiket Pesawat Lanjut Hingga 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)