Aneh Tapi Nyata! Bolos Kerja 15 Tahun, Pegawai Rumah Sakit Ini Tetap Digaji

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 22 Apr 2021 12:41 WIB
Seorang petugas menata uang dollar di Jakarta, Senin (30/6/2014). Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat terhadap rupiah sehingga mendorong minat masyarakat untuk berburu mata uang negeri Paman Sam ini.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Seorang pria yang bekerja di rumah sakit Pugliese Ciaccio, yang berlokasi di Kota Catanzaro, Italia dilaporkan telah membolos kerja selama 15 tahun. Meski tak masuk kerja, pegawai tersebut tetap menerima gaji penuh.

Pria tersebut adalah seorang pegawai negeri yang ditugaskan di Pugliese Ciaccio Hospital pada tahun 2005. Menurut laporan polisi, pria itu mulai membolos kerja pada tahun 2005 itu.

Ketika ditugaskan di RS tersebut, pria itu diduga mengancam manajernya untuk tidak melaporkan ketidakhadirannya. Beberapa waktu berlalu, manajer itu pun pensiun.

Setelah manajer itu pensiun, manajer baru dan divisi sumber daya manusia (SDM) yang baru diduga tidak menyadari bahwa pria itu tetap tercatat sebagai pegawai RS dan menerima gaji, meski telah membolos bertahun-tahun.

Pria itu dilaporkan terus memperoleh gaji selama bertahun-tahun dengan total € 538.000 (£ 464.000) atau setara Rp 9,4 miliar (kurs Rp 17.485).

Pria tersebut sudah ditangkap setelah polisi melakukan penyelidikan berkepanjangan atas ketidakhadiran dan dugaan penipuan di sektor publik Italia.

Saat ini, pria tersebut masih dalam tahap penyelidikan lebih lanjut atas tindakan penipuan, pemerasan, dan penyalahgunaan jabatan.

Enam manajer di RS tersebut juga sedang diselidiki sehubungan dengan dugaan ketidakhadiran.

(vdl/zlf)