Bareng Pemkot Solo & Surakarta, Tokopedia Dorong UMKM Go Digital

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Sabtu, 24 Apr 2021 11:10 WIB
Pemkot Solo & Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan Surakarta bekerja sama dengan Tokopedia menghadirkan program 'Rasa Solo'. Program ini bertujuan untuk mendorong UMKM di Kota Solo agar bisa bangkit, sekaligus mengobati rasa rindu para perantau akan kampung halamannya.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan dengan adanya Rasa Solo bisa mengobati rasa kangen masyarakat atas Kota Solo.

"Tahun ini kita dilarang lagi untuk mudik, ya ini untuk mengobati rasa kangen dan untuk tetap mempererat tali silaturahmi," ujar Gibran dalam keterangan tertulis, Jumat (23/4/2021).

Gibran berharap dengan adanya Rasa Solo ini, ke depan UMKM Solo bisa lebih berkembang dalam dunia digital.

"Ya harapannya dengan adanya Rasa Solo ini, UMKM Solo bisa go digital dan naik kelas," tuturnya.

Sementara itu, Program Manager Surakarya, Michael menjelaskan Rasa Solo hadir di bawah naungan program Surakarya. Program ini merupakan wadah untuk mendukung UMKM di Solo dalam jangka panjang, serta menjadi langkah awal dalam mewujudkan produk asli Solo bisa bersaing di skala nasional.

"Kami dengan Pemerintah Kota Solo memiliki visi yang sama yaitu ingin mengembangkan potensi dari produk asli solo dalam bersaing di skala nasional. Maka dari itu kami membentuk Surakarya dimana kami adalah wadah bagi UKM Kota Solo untuk dapat berkembang bersama, harapannya dengan langkah awal ini, UKM di Solo akan terbantu begitu juga para pembeli yang berkesempatan merasakan citarasa Solo dari jauh lewat Rasa Solo," tuturnya.

Melalui program 'Rasa Solo', Michael menyebut pihaknya turut menggandeng beberapa UMKM lokal untuk menjual produk-produknya dalam bentuk packaging yang menarik. Beberapa di antaranya Aroem Ndaloe, Visa Collection, Oppu Company, Batik Jeng Jani, Ramuan Bunga, Bleu Living, Pia Nyah Solo, Pusparirin Konsentrat Daun Kelor, dan Tropeace dan lainnya.

Produk-produk UKM ini akan dijual melalui Tokopedia mulai tanggal 22 April - 3 Mei 2021 dan hasil penjualannya akan digunakan sepenuhnya untuk pengembangan UKM di Kota Solo, sehingga UKM di kota Solo dapat segera bangkit dari pandemi.

Dengan demikian diharapkan melalui program "Rasa Solo" ini, para perantau tetap dapat mengobati rasa rindu kepada keluarga di kampung halaman dengan mengirimkan hampers lebaran melalui Tokopedia sekaligus membantu UKM di Kota Solo untuk dapat segera bangkit dari pandemi.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni memberikan apresiasi tinggi terhadap kolaborasi dengan Pemkot Solo ini. Menurutnya program Rasa Solo bisa membantu UMKM lokal untuk beradaptasi di tengah pandemi COVID-19.

"Kolaborasi Tokopedia bersama Pemkot Solo lewat kampanye Rasa Solo adalah kesempatan yang berharga. Hal ini juga merupakan wujud komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa membantu UMKM lokal beradaptasi dengan pandemi melalui pemanfaatan teknologi, demi mempertahankan usaha dan menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan," terang Astri.

"Lewat kolaborasi ini kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak lagi UMKM lokal untuk mengadopsi kanal digital dalam menjalankan usaha, sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih bangga dan memakai produk buatan Indonesia. Upaya bersama seperti inilah yang bisa mendorong pemulihan ekonomi nasional yang saat ini terdampak pandemi," pungkasnya.

(fhs/ara)