Lebaran Masih Jauh, Bisnis Busana Muslim di Pasar Ini Laris Manis!

ADVERTISEMENT

Lebaran Masih Jauh, Bisnis Busana Muslim di Pasar Ini Laris Manis!

Dian Utoro Aji - detikFinance
Sabtu, 24 Apr 2021 16:30 WIB
Penjual busana muslim di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus
Foto: Dian Untoro Aji
Kudus -

Penjual busana muslim di pusat grosir busana muslim di Pasar Kliwon, Kudus, Jawa Tengah dibanjiri pembeli saat bulan Ramadhan. Peningkatan pembeli mencapai 50%.

Dari pantauan di lokasi toko-toko di Pasar Kliwon dipadati pembeli, Sabtu (24/4). Kebanyakan yang mencari busana muslim adalah perempuan. Toko busana muslim pun tampak laris manis.

Salah satu penjual busana muslim, Jumiatun (41) mengatakan bulan Ramadhan tahun ini cukup ramai. Padahal tahun 2020 lalu sangat sepi, karena awal masa pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Dibanding tahun kemarin naik, lumayan tahun kemarin tidak ada sama sekali. Ini sudah ramai, Insyaallah sudah ramai," kata Jumiatun saat ditemui di kiosnya blok A lantai 1 Pasar Kliwon, Kudus, Sabtu (24/4/2021).

Menurutnya tahun ini penjualan busana muslim naik hingga 50 persen lebih. Disebutkan tahun ini sudah banyak warga yang berani datang ke pasar. Padahal tahun 2020 kemarin sama sekali tidak ada.

"Kenaikannya 50 lebih sedikit. Sebelum Ramadhan sekitar satu bulan sudah ramai, alhamdulillah," jelasnya.

Dia menjelaskan pembeli ada yang membeli secara grosir maupun eceran. Semua busana muslim laris manis, terutama busana muslim gamis. Kata dia banyak perempuan yang mencari pakaian gamis.

"Ada kulakan dan beli pribadi. Bakul sudah berani, disek (dulu) lewat wa saja. Kulakan lewat wa. Jenis pakaian muslim, mulai dari baju anak - anak, baju gamis juga laris," terangnya.

Lanjut halaman berikutnya.

Harga busana muslim yang dijual bervariasi. Jumiatun menyebutkan harga busana muslim mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribu. Pembeli biasanya dari Rembang, Pati, Blora, Grobogan, Jepara, hingga Semarang.

"Harganya mulai Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribu. Standard Rp 200 an. Pembeli dari Kudus - Rembang, Pantura, Jepara, Grobogan juga ada," jelasnya.

Senada diungkapkan penjual busana muslim lainnya, Giyanti. Menurutnya penjualan busana muslim tahun ini meningkat jika dibandingkan tahun 2020 lalu.

"Tidak seperti kemarin, alhamdulillah ramai. Kemarin redup banget. Biasanya sebelum Corona jalannya tidak bisa dilihat," jelasnya.

Giyanti menambahkan pembeli kebanyakan perempuan. Mereka mencari busana muslim gamis hingga pakaian model artis Andin yang tengah naik daun.

"Model remaja, gamis, terus pakaian atas kayak model Andin, itu yang paling ramai diburu perempuan," tambah Giyanti.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT