Budi Karya Cek Kondisi Tol Laut di Tanjung Perak, Apa Hasilnya?

Denny Prastyo Utomo - detikFinance
Sabtu, 24 Apr 2021 17:30 WIB
Menhub Budi Karya
Foto: Denny Prastyo Utomo
Surabaya -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Kedatangannya ingin memastikan kegiatan Tol Laut berjalan dengan baik.

"Saya ke Tanjung Perak untuk memastikan kegiatan Tol Laut berlangsung dengan baik. Kenapa Surabaya, karena mayoritas awal pergerakan Tol Laut itu dari Surabaya. Dari pergerakan 30 kapal itu 16 ada di Surabaya," kata Budi Karya di Terminal Gapura Surya Nusantara, Sabtu (24/4/2021).

Budi Karya menambahkan jika Tol Laut dirintis sejak tahun 2015 lalu oleh Presiden Jokowi. Dengan tujuan untuk memastikan disparitas harga antara di Indonesia bagian timur dan barat menjadi baik.

"Dan Alhamdulillah apa yang dilakukan oleh teman-teman sangat signifikan, bahwa produktivitas kapal untuk mengunjungi jumlah pelabuhan di 2019 hanya 72 pelabuhan sekarang sudah mencapai 106 pelabuhan. Dan itu juga merupakan pelabuhan pelabuhan sebagian untuk dikirim ke sungai-sungai. Tempat yang menjadi tujuan akhir dari tol laut adalah tempat yang merupakan daerah-daerah di timur, terpinggir, terluar yang memang membutuhkan suplai terutama sembilan bahan pokok," ungkap Budi Karya.

Lebih lanjut Budi Karya menambahkan hal tersebut harus dilakukan secara sistematis dan konsisten. Pihaknya menilai ada dua yang berhasil yakni dari Morotai dan dari Dobo.

"Apa yang dikatakan berhasil, ada satu keseimbangan antara barang yang dibawa dari Surabaya ke Makasar menuju ke titik Morotai dan Dobo dan angkutan balik," lanjut Budi Karya.

Budi Karya berharap keberhasilan dua rute tersebut, bisa di contoh tempat-tempat lain. Selain itu, pihaknya meminta ke depan Tol Laut tidak hanya berhenti di Merauke saja, namun juga mengarah juga ke Pelabuhan Yahukimo, Papua.

"Sehingga barang dari Surabaya itu sesampai di Papua itu diangkut dengan pesawat ke daerah pinggiran. Jadi effort yang kita lakukan tidak sekedar dari pelabuhan ke pelabuhan tapi juga ke udara," ungkap Budi Karya.

Lanjut halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2