Mau Sewa Pembantu Infal? Cek Nih Biayanya

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 25 Apr 2021 17:26 WIB
ART Infal
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta -

Pada saat Ramadhan, asisten rumah tangga (ART) infal ramai digandrungi. Alasannya karena ART reguler pulang kampung atau mengambil libur untuk merayakan Idul Fitri.

Pemilik Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tiara Kasih Bunda Irena menjelaskan masa waktu kerja ART infal maksimal seminggu sebelum hingga seminggu sesudah Lebaran.

Untuk menyewa jasa ART infal ada dua biaya yang harus dikeluarkan pengguna jasa. Pertama biaya administrasi sebesar Rp 1 juta.

"Lalu untuk biaya infalnya Rp 150 ribu per hari," ucapnya kepada detikcom, Minggu (25/4/2021).

Jadi jika ingin memesan ART infal selama 2 minggu atau 14 hari maka biaya yang dikeluarkan Rp 150 ribu x 14 hari ditambah biaya administrasi Rp 1 juta, totalnya sebesar Rp 3,1 juta.

LPK Tiara Kasih Bunda sendiri menyalurkan pekerja mulai dari ART, suster lansia, suster bayi dan balita hingga infal saat musim mudik Lebaran.

Irena menjelaskan, biasanya pemesanan infal di tempatnya ramai ketika 2 minggu sebelum lebaran. Karena masa waktu kerja ART infal maksimal seminggu sebelum hingga seminggu sesudah lebaran.

Namun sudah sudah kebanjiran pesanan ART infal sejak beberapa hari yang lalu. Setidaknya sudah ada 50 pesanan ART infal yang masuk ke LPK Tiara Kasih Bunda.

"Karena pemerintah memberlakukan larangan mudik, ya mungkin pekerja-pekerja itu ya mudik sebelum aturan. Nah majikan-majikannya akhirnya ambil dari sekarang. Mungkin dia karena sangat tidak bisa rumahnya nggak ada pekerja. Pesanan yang sudah masuk sudah hampir 50, tapi yang sudah terealisasi 10 customer," terangnya.

(das/dna)