Gojek Bagikan Bocoran Tren Bisnis Ramadhan untuk Pelaku Usaha

Erika Dyah - detikFinance
Selasa, 27 Apr 2021 10:54 WIB
gopay
Foto: gopay
Jakarta -

Gojek membagikan tren bisnis menarik selama Ramadhan agar pelaku UMKM dapat memaksimalkan penjualan dan menjangkau lebih banyak pelanggan di platform digital. Beberapa temuan menarik antara lain,

1. Pesanan Makanan Online Tumbuh di Ramadhan

Jumlah pemesanan makanan via layanan GoFood mengalami tren pertumbuhan positif selama Ramadhan 2020 lalu, terutama sejak minggu kedua hingga akhir bulan. Hal ini menunjukkan masyarakat sangat mengandalkan layanan pesan antar online guna memenuhi kebutuhan selama Ramadan.

Oleh karena itu, para pelaku usaha dapat menggunakan strategi promosi yang efektif menarik pelanggan, termasuk menyediakan opsi menu Traktir Driver yang memberi kesempatan pelanggan untuk berbagi kasih dan efektif meningkatkan nilai transaksi. Hal ini dapat dilakukan pelaku usaha untuk mengoptimalkan kesempatan di bulan Ramadhan.

2. Hijab Jadi Barang Ritel Paling Diincar Selama Ramadhan

Data Gojek menunjukkan peningkatan transaksi hijab di bulan Ramadhan tahun lalu mengalami peningkatan hingga lebih dari 125% dibandingkan dengan sebelum Ramadhan. Sejalan dengan tren ini, konsumen turut mengeluarkan dana lebih untuk belanja pada kategori pakaian dan aksesori serta barang penunjang aktivitas di rumah seperti alat kesenian melukis, buku, serta alat olahraga.

3. Hampers Tingkatkan Omzet di Bidang Jasa

Selama pandemi, pemilik usaha jasa turut menjual produk-produk yang mereka gunakan langsung ke pelanggan, hal ini terlihat pada peningkatan tren pembelian produk kecantikan dari salon, serta obat dan multivitamin penunjang kesehatan. Di momen Ramadhan, pelaku usaha dapat menggabungkan produk jasanya menjadi hamper dengan harga sesuai target pasar.

Temuan yang berdasarkan data internal Gojek saat Ramadhan di tahun lalu terangkum di e-book yang dapat diunduh di situs Gojek. Selain itu, UMKM juga dapat mengakses berbagai insight serta pelajaran di pelatihan Akademi Mitra Usaha Gojek yang menaungi berbagai komunitas mulai dari Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), A Cup of Moka (ACOM), Bincang Biznis GoBiz, hingga Temu Midtrans. Akademi Mitra Usaha juga akan mengadakan rangkaian webinar edukatif selama Ramadan 2021 yang diharapkan dapat menjadi wadah edukasi interaktif bagi pelaku usaha untuk membahas tren Ramadan saat ini.

VP Merchant Marketing Gojek Bayu Ramadhan mengungkap inisiatif ini ditujukan untuk pelaku usaha. Ia berharap para pelaku usaha dapat menyusun strategi bisnis yang tepat di masa menantang pandemi COVID-19 dengan mengenal pola bisnis selama Ramadhan dan mendapatkan pelatihan langsung oleh para ahli di bidangnya.

"Kami berkomitmen untuk turut memberikan dukungan selain teknologi yang memajukan bisnis UMKM. Akademi Mitra Usaha merupakan langkah untuk mendampingi pelaku usaha agar lebih cepat beradaptasi di platform digital. Wadah edukasi dari Gojek yang menaungi beragam komunitas ini ditujukan untuk pelaku usaha dari berbagai kalangan, dari yang baru memulai bisnis hingga yang ingin naik kelas dan mengeluarkan inovasi baru," jelas Bayu dalam keterangan tertulis, Selasa (27/4/2021).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai materi lengkap tren bisnis Ramadan 2021 , para pelaku usaha bisa mengaksenya melalui tautan berikut ini melajubersamagojek.com/sedekahramadan

Simak juga 'Mudik Dilarang, Menparekraf Siapkan 3 Strategi untuk Pelaku Usaha':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/ega)

Tag Terpopuler