Mau Punya Saham Gojek? Begini Caranya

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 26 Apr 2021 12:38 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 5% ke level 4.891. Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham siang ini.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Tak lama lagi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek dikabarkan akan melangsungkan initial publik offering (IPO). Kabarnya juga IPO Gojek akan menjadi yang terbesar dalam sejarah.

Di tengah kehebohannya, tentu saham IPO Gojek akan sangat menarik untuk dibeli. Tertarik untuk membelinya?

Membeli saham IPO di pasar pendanaan (primary market) tentu bukan perkara mudah. Pembelian sahamnya tidak semudah transaksi di pasar sekunder (secondary market). Ada proses yang harus dilalui.

Untuk membeli saham IPO harus melakukan proses pemesanan yang dibagi menjadi dua yakni bookbuilding dan pooling. Seluruh proses itu dilakukan di perusahaan sekuritas yang menjadi underwriter proses IPO emiten yang dituju.

Untuk perbedaannya, nasabah yang membeli melalui bookbuilding bisa menentukan harga saham untuk pasar primer. Oleh karena itu surat pernyataan yang diisi oleh nasabah melalui bookbuilding selain jumlah lembar saham yang ingin dibeli juga harga yang diinginkan. Sedangkan pooling hanya mengisi jumlah lembar.

Untuk pooling nasabah melakukan pemesanan secara langsung melalui Biro Administrasi Efek (BAE) terkait. BAE ditunjuk sebagai penyelenggara pooling.

Lanjut ke halaman berikutnya untuk tata cara pembelian saham perdana Gojek.

Simak juga 'Banyak Jenisnya, Mana Produk Investasi yang Paling Menguntungkan?':

[Gambas:Video 20detik]