Sunda Kelapa Bakal Dipercantik Seperti Labuan Bajo?

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 28 Apr 2021 17:37 WIB
Duet Erick Thohir dan Anies Baswedan
Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan duet bareng Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk mempercantik Kawasan Kota Tua-Sunda Kelapa. Pada kesempatan itu Erick bermimpi Sunda Kelapa bisa seperti kawasan wisata di Bali hingga Labuan Bajo.

Erick mengatakan bahwa kebetulan PT Pelindo I-IV sedang memperbaiki fasilitas yang dikelola oleh BUMN pelabuhan tersebut, salah satunya adalah Sunda Kelapa.

"Kita punya mimpi bersama dengan Pak Gubernur bagaimana Sunda Kelapa bisa kembali bersandar kapal Cruise yang bisa representatif, seperti yang kami sekarang sedang bangun di Bali ataupun di Labuan Bajo. Kalau kita bangun di Bali dan Labuan Bajo, kenapa Jakarta-nya tidak. Nah, karena itu fasilitas pendukungnya juga harus dilakukan," kata Erick dalam sambutannya di Kawasan Kota Tua, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Erick Thohir menyinggung situasi pandemi virus Corona (COVID-19), di mana pariwisata berbasis turis lokal sudah saatnya untuk dibangun. Dia tak menampik bahwa turis internasional penting, tapi turis lokal tidak boleh dilupakan.

"Tetapi kita juga tidak boleh memeram mata kita ketika data-data menunjukkan sebelum COVID itu sendiri 78% adalah domestik turis yang selama ini kita belum melayani, kita masih setengah hati melayani turis lokalnya," sebutnya.

Oleh karena itu, pihaknya tidak segan-segan untuk membantu Anies dalam membangun dan memfasilitasi turis domestik.

"Karena pelayanan turis domestik tidak kalah pentingnya dengan pelayanan turis internasional," tambahnya.

Untuk memuluskan rencana tersebut, Erick dan Anies melalui BUMN dan BUMD berkolaborasi membentuk joint venture antara tiga entitas, yakni Jakarta Experience Board/PT Jakarta Tourisindo (JXB), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), dan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ).

(toy/fdl)

Tag Terpopuler