Mark Zuckerberg Bocorkan Fitur Baru Instagram yang Bikin Cuan Berlipat

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 02 Mei 2021 21:16 WIB
MENLO PARK, CA - JUNE 20:  An attendee takes a photo of the instagram logo during a press event at Facebook headquarters on June 20, 2013 in Menlo Park, California. Facebook announced that its photo-sharing subsidiary Instagram will now allow users to take and share video.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Foto: GettyImages
Jakarta -

Instagram umumnya sebagai tempat untuk eksis dengan berbagi foto kepada pengguna lainnya. Tak hanya di situ, media sosial itu juga sangat potensial jika digunakan untuk berjualan dan menghasilkan uang.

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan banyak fitur baru yang sedang dikerjakan Instagram untuk membantu penggunanya atau creator bisa menghasilkan lebih banyak uang dari konten mereka.

Pimpinan Divisi Gambar dan Video Facebook, Adam Mosseri mengatakan telah banyak creator Instagram dibayar untuk memposting konten bersponsor. Hal itu merupakan tugas Instagram agar lebih terlibat dalam membantu merek tertentu menemukan creator konten baru.

"Kami harus dapat membantu merek menemukan pembuat konten yang secara unik selaras dengan pekerjaan yang mereka coba lakukan dan sebaliknya," kata Mosseri dalam siaran Instagram Live dengan Zuckerberg, dikutip dari CNBC, Rabu (28/4/2021) lalu.

Zuckerberg mengumumkan salah satu fitur baru dari Instagram yakni membantu para creator mencocokkan konten yang berisi merek yang mereka promosikan kepada audiens yang ingin mereka jangkau.

Bos raksasa media sosial itu menjelaskan fitur baru ini muncul saat Facebook menyesuaikan perubahan terbaru dalam ekosistem iOS Apple yang kemungkinan akan mempersulit perusahaan media sosial untuk menargetkan iklan ke pengguna iPhone dan iPad.

Dengan fitur baru ini, Facebook sendiri ingin mempertahankan pedagang dan penjualnya. Jadi, Facebook dapat lebih efektif mengirimkan iklan yang dipersonalisasi kepada pengguna dan menunjukkan keefektifan iklan tersebut kepada pengiklan.

Namun, para eksekutif Facebook itu tidak menjelaskan kapan fitur-fitur ini akan diluncurkan.

Fitur lainnya yang telah dirilis, yakni pengguna bisa membuka toko sendiri dalam profil Instagram dan Facebook mereka. Fitur itu dirilis tahun lalu, bernama Facebook Shops dan Instagram Shops. Itu juga sebagai upaya untuk membawa lebih banyak pedagang di layanan Facebook.

Fitur itu memungkinkan bisnis untuk menjual langsung ke pengguna. Beberapa pembuat konten top seperti Kim Kardashian, sudah memiliki toko di profil Instagramnya.

"Fitur ini sangat penting dalam setahun terakhir. Banyak toko fisik harus tutup selama lockdown, tetapi online tetap buka. Ini bisa menjadi pengalaman yang lebih personal dan nyaman," kata Zuckerberg.

Simak Video: Instagram Siapkan Fitur Baru untuk Influencer, Seperti Apa?

[Gambas:Video 20detik]



(aid/dna)