Jangan Kudet! Ini Istilah yang Harus Dipahami saat Belanja Online

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 03 Mei 2021 19:00 WIB
Shopping online concept - Shopping service on The online web. with payment by credit card and offers home delivery. parcel or Paper cartons with a shopping cart logo on a laptop keyboard
Foto: iStock
Jakarta -

Dalam berbelanja di platform online atau e-commerce biasanya ada istilah-istilah yang digunakan oleh pembeli dan penjual. Istilah ini harus dipahami agar tidak terjadi kesalahan saat bertransaksi.

Mulai dari singkatan sampai istilah serapan dari bahasa asing, bahkan istilah judul lagu yang dimiliki seorang penyanyi.

Apa saja ya istilahnya?

Dikutip dari laman komunitas.bukalapak.com ada berbagai istilah wajib yang harus diketahui oleh para pembeli maupun penjual. Berikut daftarnya:

No Afgan

Istilah ini biasa digunakan oleh penjual yang mengizinkan barang dagangannya ditawar. Sebenarnya ini merujuk pada lagu penyanyi Afgan yang judulnya sadis. Artinya calon pembeli bisa menawar tapi jangan sadis.

Nego

Istilah ini digunakan jika barang bisa ditawar hingga harga yang sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Ongkir

Ini adalah singkatan dari ongkos kirim atau biaya kirim.

Rekber

Istilah ini merupakan singkatan dari rekening bersama. Rekening bersama adalah rekening yang berada di posisi tengah dan digunakan oleh penjual dan pembeli.

Trusted

Biasanya di sebuah toko online mencantumkan istilah Trusted Seller. Ini berarti penjual terpercaya dan bukan penipu.

Tonton juga Video: Shandy Aulia Buka Suara soal Rumor Susah Ditagih Online Shop

[Gambas:Video 20detik]



COD

Ini adalah singkatan dari cash on delivery. Istilah ini biasa digunakan untuk pembelian yang pembayarannya dilakukan ketika barang diterima.

CLBK

Istilah ini biasanya digunakan jika ada seorang pembeli yang menanyakan banyak hal kepada penjual tapi berujung tak beli. Artinya Chat Lama Beli Kagak.

Dropship

Istilah ini digunakan untuk penjual yang tidak melakukan stok barang. Jadi barang dikirim dari supplier langsung ke alamat pembeli dengan atas nama reseller dropship.

Hit & Run

Istilah ini biasanya digunakan untuk calon pembeli yang memesan, tapi tidak ada kabar atau konfirmasi. Alias kabur setelah memesan barang.

PO/Pre Order

Istilah ini biasanya digunakan jika sudah ada pemesanan dan pembayaran berupa uang muka.

PHP

Istilah yang digunakan untuk pembeli yang sudah janji transfer tapi tidak transfer-transfer. Namanya Pemberi Harapan Palsu (PHP).

ONS

Istilah yang biasa digunakan untuk pembelian yang ingin cepat sampai atau One Night Service. Jadi kirim hari ini, besok sudah sampai.



Simak Video "Warga Indonesia Juara Satu Belanja Online"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)