Hypermart Gandeng JD.ID buat Jualan Online

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 05 Mei 2021 15:05 WIB
Jelang hari belanja online nasional (Harbolnas) yang jatuh pada Sabtu (12/12) besok, sejumlah e-commerce terlihat sibuk luar biasa. Penasaran?
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pengelola Hypermart, PT Matahari Putra Prima Tbk (Perseroan/MPPA) berkolaborasi dengan e-commerce JD.ID untuk memperkuat strategi omni-channel O2O di bidang ritel makanan. Untuk diketahui, omni channel merupakan model bisnis yang menggabungkan berbagai macam channel untuk berbelanja, online maupun offline. Konsepnya, memungkinkan pelanggan memesan barang secara online di pagi hari, misalnya, lalu pelanggan bisa mengambil barang itu sendiri ke toko tempat barang tadi di pesan sore harinya.

Kolaborasi ini nantinya akan menghadirkan toko virtual Hypermart, Foodmart, Primo, dan Hyfresh di aplikasi JD.ID.

"Mulai hari ini, 30 toko di Jabodetabek siap mendukung kolaborasi ini," ujar Director Corporate Secretary & Public Affairs MPPA Danny Kojongian dalam rilis resminya yang diterima detikcom, Rabu (5/5/2021).

Memperingati peluncuran kolaborasi ini, pelanggan dapat menikmati diskon 10% untuk semua produk yang dibeli di ritel-ritel tersebut hingga 18 Mei 2021mendatng dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya, MPPA berencana menambah lebih banyak toko ritelnya secara nasional ke dalam aplikasi JD.ID yang targetnya bisa dilaksanakan sepanjang tahun 2021 ini.

"MPPA juga terus meningkatkan penawaran online organiknya di Chat & Shop by WhatsApp dan Hypermart Online e-commerce untuk solusi bisnis ritel online lengkap bagi pelanggan secara nasional di tengah pandemi COVID-19 dan tren pertumbuhan gaya hidup digital modern yang diadopsi oleh konsumen," imbuhnya.

Danny menambahkan kolaborasi ini juga merupakan bagian dari tata kelola perseroan untuk memastikan praktik belanja yang aman dan untuk mendukung kebijakan Social & Physical Distancing.

"Keselamatan dan keamanan pelanggan selalu menjadi komitmen utama kami dalam menghadirkan penawaran ritel terbaik MPPA," sambunnya.

Sebelum kolaborasi dengan JD.ID, MPPA sendiri sudah gencar melakukan penawaran bisnis online dengan strategi O2O. Dalam beberapa bulan terakhir MPPA telah meningkatkan standarnya dalam memperkuat e-commerce Hypermart Online dan Chat & Shop yang sekarang mencakup 128 toko secara nasional.

Selain itu, MPPA juga bekerja sama dengan marketplace terkemuka lainnya dan layanan pengiriman dengan lebih dari 558 toko online aktif beroperasi.

Ke depannya, MPPA akan menambah lebih banyak toko online untuk berpartisipasi dalam kolaborasi yang sudah ada ini dan mengembangkan lebih banyak kolaborasi baru dengan operator marketplace terkemuka lainnya di Indonesia.

"MPPA melanjutkan komitmennya untuk menerapkan Sistem Jaminan Halal (SJH) di semua lini bisnis dan fungsi pendukung. Perseroan telah tersertifikasi halal oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), yang menjadikan MPPA sebagai peritel modern pertama di Indonesia yang menerima SK Halal untuk 150 lokasi gerai multiformatnya, pusat distribusi dan kantor pusat secara nasional," tuturnya.

(eds/eds)