Buruh Anak Usaha Pan Brothers Ngamuk, Tuntut THR-Hak Cuti

Ragil Ajiyanto - detikFinance
Kamis, 06 Mei 2021 14:15 WIB
Buruh anak usaha Pan Brothers demo
Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom: Buruh anak usaha Pan Brothers demo
Boyolali -

Demo buruh PT Pan Brothers Tbk grup di Boyolali masih berlanjut, Kamis (6/5/2021) hari ini. Khususnya dari para karyawan di PT Eco Smart Garment Indonesia (ESGI), anak usaha Pan Brothers, di Kecamatan Klego, Boyolali.

Tuntutan mereka masih sama, yakni terkait pembayaran gaji dan tunjangan hari raya (THR) yang diberikan secara dicicil. Sementara untuk pabrik yang ada di Kecamatan Sambi dan di Kecamatan Mojosongo, Boyolali hari ini mereka sudah mulai bekerja kembali. Seribuan buruh PT ESGI (Pan Brothers Grup) di Kecamatan Klego menggelar aksi sejak pagi tadi. Namun tidak semua buruh di pabrik ini mengikuti demo. Sebagian sudah mulai masuk kerja.

Mereka menggelar aksi di jalan dengan pabrik. Akses jalan raya Simo - Klego itu pun tertutup massa yang menggelar aksi demo, sehingga jalur itu macet. Kendaraan yang hendak melintas pun terpaksa putar balik mencari jalan lain. Namun ketika ada iring-iringan mobil ambulans, mereka pun minggir untuk memberikan jalan.

Sebagian buruh juga membentangkan spanduk. Antara lain bertuliskan "Cicilanmu Semangat Demoku", "Berikan Hak Cuti Kami". Aksi buruh di Kecamatan Klego ini pun mendapat pengamanan dari petugas Polres dan Kodim Boyolali.

Salah seorang buruh dalam unjuk rasa ini juga meminta agar dibuatkan serikat pekerja di PT ESGI.

"Kami minta di sini (PT ESGI) dibuatkan serikat buruh, kira-kira setuju gak?" kata seorang buruh dalam orasinya yang dijawab secara bersama-sama para buruh, "setuju," sembari tepuk tangan.

Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Dinkopnaker) Boyolali, M Syawaludin, mendatangi aksi para buruh PT Pan Brothers Tbk di Klego ini untuk melakukan fasilitasi audiensi.

Syawaludin mengatakan sebenarnya sudah ada kesepakatan antara manajemen perusahaan dengan perwakilan buruh usai aksi demo pada Rabu (5/5/2021) kemarin.

"Sudah ada kesepakatan. Yang penting hak buruh dikasihkan. Artinya dengan segala kemampuan, gaji bisa dibayarkan paling lambat besok (7/5/2021). Untuk THR juga demikian, berat. Ini yang bisa kita lakukan dinas. Setelah itu akan kita rapatkan kembali melibatkan stakeholder terkait," kata Syawaludin kepada para wartawan di lokasi demo buruh di Klego, Kamis (6/5/2021).

Menurut Syawaludin hanya buruh yang ada di PT ESGI Klego ini yang belum menerima. Sedangkan yang di pabrik di Kecamatan Sambi dan Desa Butuh, Kecamatan Mojosongo, sudah kembali bekerja.

"Yang di Klego ini yang belum menerima. Sampai saat ini kondisi di (Desa) Butuh sama Sambi sudah masuk. Disini maka hari ini kita fasilitasi mediasi lagi. Nggak apa-apa, kesepakatan baru. Kita kemarin di Butuh," tandasnya.

Sementara di lokasi yang sama, Senior HRM Manager PT Pan Brothers Tbk dan group untuk area Jateng, Yusi Hersanty, menyatakan gaji para karyawan akan diselesaikan sampai tanggal 7 Mei 2021 besok secara penuh.

"Gaji diselesaikan tanggal 7 Mei 2021, penuh dan untuk THR sesuai dengan kesepakatan untuk tahap pertama akan kami berikan tanggal 6 Mei 2021 sebesar 12,5 persen. Kami memberlakukan sistem yang sama untuk grup kami di Jawa Tengah," ujar Yusi kepada para wartawan.

Lihat juga video 'KUTIPS: Trik Kelola Duit THR Saat Pandemi Agar Tak Boros':

[Gambas:Video 20detik]



Segera klik halaman berikutnya, masih ada informasi penting.

Selanjutnya
Halaman
1 2